Adaptasi Kurikullum Pembelajaran IPS Berbasis Masyarakat Pesisir di SMP Kec. Koto XI Tarusan Kab. Pesisir Selatan Sumatera Barat.

Yasin, Faishal and Astuti, Siti Irene (2023) Adaptasi Kurikullum Pembelajaran IPS Berbasis Masyarakat Pesisir di SMP Kec. Koto XI Tarusan Kab. Pesisir Selatan Sumatera Barat. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-faishal yasin-17703261017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kurikulum pendidikan sekolah seharusnya bersifat kontekstual dengan masyarakatnya. Demikian pula pada masyarakat lingkungan pesisir juga diperlukan kurikulum pendidikan yang sejalan dengan konteks kehidupan di lingkungan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) adaptasi kurikulum pendidikan IPS bebasis masyarakat pesisir yang sedang dilaksanakan guru di sekolah; (2) peran sekolah dan masyarakat dalam adaptasi kurikulum IPS berbasis masyarakat pesisir yaitu pembelajaran efektif untuk dilaksanakan di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi untuk mengungkap adaptasi kurikulum pendidikan IPS ditingkat SMP pada masyarakat pesisir di Sumatera Barat. Penelitian dilakukan di dua sekolah SMP dengan subjek penelitian dua orang kepala sekolah dan empat orang guru IPS dan dua orang tokoh masyarakat. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data etnografi digunakan untuk menganalisis hubungan antar konsep, kategori dan sub-kategori. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) adaptasi kurikulum pendidikan IPS berbasis masyarakat pesisir yang dilakukan guru, ditemukan pada perangkat pembelajaran yang dibuat oleh guru sebelum mengajar di kelas yaitu pada isi materi, proses pembelajaran, metode pembelajaran dan penilaian. Proses adaptasi melihat pada aspek kontekstual di lingkungan masyarakat pesisir. (2) Peran sekolah dan masyarakat dalam adaptasi kurikulum pendidikan IPS. Sekolah dan masyarakat memiliki peran penting dalam mewujudkan pembelajaran yang efektif pada masyarakat pesisir khususnya pada pembelajaran IPS. Keterlibatan masyarakat dalam adaptasi kurikulum yaitu dalam bentuk pengawasan serta meggalang dana dalam memajukan pendidikan di sekolah. Pengawasan tersebut dimulai dari mengawasi kinerja dan aktifitas warga sekolah, serta pengalangan dana dilakukan guna memenuhi kebutuhan pada proses pembelajaran seperti sarana dan prasarana sekolah demi keberlangsungan adaptasi kurikulum pendidikan IPS berbasis masyarkat pesisir. Analisis dalam penelitian ini, kurikulum pendidikan IPS harus menyesuaikan secara kontekstual pada lingkungan sekolah dan masyarakat pesisir. Teori belajar sosiokultur kontekstual harus menjadi acuan dalam penyusunan kurikulum pendidikan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Adaptasi kurikulum, Contectual Socioculture Theory, Masyarakat pesisir
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Nov 2023 04:52
Last Modified: 01 Nov 2023 04:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79333

Actions (login required)

View Item View Item