Pengembangan Model Pembelajaran Mobile Matematika berbasis Projek (Pj-B Mob Math) dengan kerangka TPACK untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Keterampilan Abad 21,

Hernawati, Kuswari and Marsigit, Marsigit (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Mobile Matematika berbasis Projek (Pj-B Mob Math) dengan kerangka TPACK untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Keterampilan Abad 21,. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-kuswari hernawati-17703261033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan Model Pembelajaran Pj-B Mob Math dengan kerangka TPACK untuk meningkatkan prestasi belajar dan keterampilan abad 21 (berpikir kritis, berpikir kreatif inovatif, komunikatif, dan kolaboratif), (2) menghasilkan perangkat pendukung model pembelajaran yang dikembangkan, (3) mengevaluasi kelayakan model dan perangkat pendukung model pembelajaran Pj-B Mob Math dengan kerangka TPACK ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan, (4) menganalisis dampak instruksional model pembelajaran Pj-B Mob Math dengan kerangka TPACK terhadap peningkatan prestasi belajar dan penguasaan keterampilan belajar abad 21, yaitu keterampilan berpikir kritis matematis, berpikir kreatif & inovatif, keterampilan komunikasi dan keterampilan kolaborasi. Penelitian ini merupakan penelitian desain pendidikan yang sering disebut sebagai penelitian pengembangan, menggunakan desain model Plomp. Prosedur pengembangan terdiri atas lima fase yaitu: fase investigasi awal (prelimenary investigation), fase desain (design), fase realisasi/konstruksi (realization/ construction), dan fase tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation, and revision), dan fase implementasi (implementation). Subjek penelitian adalah Model Pembelajaran Pj-B Mob Math dengan kerangka TPACK, yang diujicobakan kepada siswa SMAN 1 Depok Sleman Kelas XII. Data yang dikumpulkan berupa: (1) data kuantitatif, yaitu skor kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk; dan (2) data kualitatif, yaitu saran perbaikan produk oleh para validator atau praktisi, serta komentar dari siswa terkait pelaksanaan model pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa (1) lembar validasi model pembelajaran, (2) lembar validasi RPP, (3) lembar validasi LKPD, (4) lembar validasi bahan ajar flipbook, (5) lembar validasi LMS Pj-B Mob Math, (6) lembar validasi Buku Petunjuk LMS Pj-B Mob Math, (7) lembar penilaian kepraktisan dari guru, (8) lembar penilaian kepraktisan dari siswa, (9) lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran, (10) tes hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis matematis, dan (11) lembar penilaian keterampilan berpikir kreatif inovatif, (12) instrumen penilaian diri keterampilan komunikasi & kolaborasi, dan (13) lembar observasi keterampilan komunikasi & kolaborasi. Sintaks Model Pembelajaran Pj-B Mob Math dengan kerangka TPACK: (1) Orientation, (2) Start with the Essential Question, (3) Design a Plan for the Project, (4) Create a Schedule, (5) Monitor the students and the Progress of the Project, (6) Assess the Outcomes. Produk yang dihasilkan berupa Model Pembelajaran Pj-B Mob Math dengan kerangka TPACK beserta panduan model dan perangkat pendukung pelaksanaan pembelajaran berupa RPP, LKPD, LMS Pj-B Mob Math, buku petunjuk penggunaan LMS, bahan ajar flipbook dan penilaian berupa tes prestasi belajar dan penilaian keterampilan abad 21. Hasil analisis menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Pj-B Mob Math dengan kerangka TPACK dan perangkat pendukungnya memiliki tingkat kevalidan sangat baik. Hasil uji coba memenuhi kriteria praktis. Hasil penilaian guru menunjukkan kepraktisan dengan kriteria sangat baik, dan respon siswa menunjukkan kepraktisan dengan kriteria baik. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran, menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Pj-B Mob Math dengan kerangka TPACK terlaksana sebesar 98%. Berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran siswa menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Pj-B Mob Math dengan kerangka TPACK efektif untuk meningkatkan prestasi belajar dan keterampilan abad 21 yang ditunjukkan dengan pencapain skor rata-rata prestasi belajar 80,39, terjadi ketuntasan secara klasikal 90,18%, dan berdasarkan uji t2 hotelling untuk nilai pretes postes terdapat perbedaan yang signifikan pada skor prestasi belajar siswa dan keterampilan berpikir kritis matematis setelah pemberian treatmen dengan Model Pembelajaran Pj-B Mob Math dengan kerangka TPACK.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, mobile learning, project base learning, TPACK, keterampilan abad 21
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Nov 2023 02:09
Last Modified: 01 Nov 2023 02:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79327

Actions (login required)

View Item View Item