Pengembangan Media Berlatih Pencak Silat Bagi Pemula Berbasis Bot Telegram di Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Universitas Negeri Yogyakarta

Aribillah, Aribillah (2023) Pengembangan Media Berlatih Pencak Silat Bagi Pemula Berbasis Bot Telegram di Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Universitas Negeri Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_aribillah_19602249002.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan produk pengembangan media berlatih pencak silat bagi pemula berbasis Bot Telegram di FIKK UNY, (2) mengetahui kelayakan aspek materi dan aspek media yang terdapat pada Bot Telegram yang dikembangkan, dan (3) mengetahui kualitas Bot Telegram dan kualitas sumber belajar. Penelitian menggunakan metode pengembangan (R&D) yang mengadaptasi strategi penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Borg dan Gall. Dalam penelitian ini hanya menggunakan langkah pertama sampai kelima yaitu tahap studi pendahuluan, desain produk, validasi, uji coba, revisi produk beserta produk akhir. Penelitian ini melibatkan dua reviewer, yaitu dosen ahli materi dan dosen ahli media. Bot Telegram hasil pengembangan kemudian diujicobakan pada kelompok kecil 15 sampel mahasiswa dan kelompok besar 30 sampel mahasiswa yang tergabung dalam UKM Pencak Silat di FIKK UNY. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui kualitas yang dikembangkan dan mengetahui respon pengguna Bot Telegram bagi pemula teknik dasar pencak silat. Soal di dalam angket digunakan untuk mengetahui aspek tampilan, isi, dan panduan. Hasil penelitian pengembangan yang dilakukan menunjukkan bahwa produk berupa pengembangan media berlatih pencak silat bagi pemula berbasis Bot Telegram di FIKK UNY layak digunakan memperoleh katagori baik. Berdasarkan hasil penelitian skala kecil dan besar menggunakan kuesioner, respon mahasiswa UKM Pencak Silat FIKK UNY terhadap Bot Telegram yang dikembangkan menunjukkan katagori sangat baik. Berdasarkan data yang telah diperoleh melalui hasil dari ketiga aspek, yaitu (1) aspek tampilan, (2) aspek isi, dan (3) aspek panduan, pada penelitian skala kecil diperoleh total nilai 4,49 dan penelitian skala besar yaitu 4.588889. Dengan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata (Sangat Baik).

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pemimbing: Dr. Agung Nugroho AM., M.Si.
Uncontrolled Keywords: pencak silat, media, teknik dasar
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:53
Last Modified: 27 Oct 2023 02:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79274

Actions (login required)

View Item View Item