Hubungan Aktivitas Jasmani Dan Asupan Gizi Terhadap Daya Tahan Kardiorespirasi Peserta Didik Kelas VIII SMP N 2 Depok Kabupaten Sleman

Pratama, Dicky Febrian Indra (2023) Hubungan Aktivitas Jasmani Dan Asupan Gizi Terhadap Daya Tahan Kardiorespirasi Peserta Didik Kelas VIII SMP N 2 Depok Kabupaten Sleman. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_dicky febrian indra pratama_19601244011.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara aktivitas jasmani dan asupan gizi terhadap daya tahan kardiorespirasi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Depok Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah survei. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas VIII SMPN 2 Depok Sleman yang berjumlah 129 anak. Teknik pengumpulan data pada asupan gizi menggunakan perhitungan IMT menurut umur/usia, aktivitas jasmani menggunakan Physical Activity Questionnare-Adolescents (PAQ-A) yang dikembangkan oleh Kowalski et al, dan daya tahan kardiovaskuler menggunakan tes lari multi tahap atau multi fitness tess (MFT). Teknik analisis data menggunakan pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan rumus koefisien korelasi product moment dan analisis regresi pada taraf signifikan 5 %. Hasil analisis hubungan antara asupan gizi dengan tingkat daya tahan kardiorespirasi diperoleh harga r hitung = 0,368 dengan r(0.05)(136) = 0,167, dengan demikian dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara asupan gizi dengan tingkat daya tahan kardiorespirasi peserta didik kelas VIII SMPN 2 Depok Sleman. Hasil analisis hubungan antara aktivitas jasmani dengan tingkat daya tahan kardiorespirasi peserta didik kelas VIII SMPN 2 Depok Sleman diperoleh harga r hitung = 0,413 dengan r(0.05)(136) = 0,167. Dengan demikian dapat disumpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara aktivitas jasmani dengan tingkat daya tahan kardiorespirasi peserta didik kelas VIII SMPN 2Depok Sleman.Hasil analisis regresi berganda diperoleh harga F hitung 21,62 > F tabel (3,06). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara asupan gizi dan aktivitas jasmani dengan tingkat daya tahan kardiorespirasi peserta didik kelas VIII SMPN 2 Depok Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hedi Ardiyanto Hermawan, M.Or.
Uncontrolled Keywords: asupan gizi, aktivitas fisik, kesegaran jasmani, VO2 Maks
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:55
Last Modified: 14 Sep 2023 03:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78907

Actions (login required)

View Item View Item