Pemahaman Guru PJOK Terhadap Materi Beladiri Pencak Silat di SMP Se-Kecamatan Muntilan

Firdaus, Anita Septiana (2023) Pemahaman Guru PJOK Terhadap Materi Beladiri Pencak Silat di SMP Se-Kecamatan Muntilan. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_anita septiana firdaus_19601241006.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru PJOK terhadap materi beladiri pencak silat di SMP se-Kecamatan Muntilan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode pendekatan survei. Subjek penelitian yang digunakan adalah 10 guru PJOK di SMP se-Kecamatan Muntilan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes dalam bentuk soal pilihan ganda yang terdiri dari 31 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru PJOK terhadap materi beladiri pencak silat di SMP se-Kecamatan Muntilan berada pada kategori “sangat rendah” sebesar 0% atau 0 guru, kategori “rendah” sebesar 60% atau 6 guru, kategori “tinggi” sebesar 40% atau 4 guru, dan kategori “sangat tinggi” sebesar 0% atau 0 guru. Hasil frekuensi menunjukkan bahwa data paling banyak terdapat pada kategori “rendah” sehingga pemahaman guru PJOK terhadap materi beladiri pencak silat di SMP se- Kecamatan Muntilan berkategori “rendah”.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Nur Rohmah Muktiani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: guru PJOK, pemahaman, pencak silat
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Sep 2023 06:33
Last Modified: 13 Sep 2023 06:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78890

Actions (login required)

View Item View Item