Studi Kasus Kendala Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Sringdebat Kecamatan Cipecang Kabupaten Pandeglang Banten

Haratri, Brigita Ratih Kusuma (2023) Studi Kasus Kendala Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Sringdebat Kecamatan Cipecang Kabupaten Pandeglang Banten. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_brigita ratih kusuma haratri_19601241054.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang ada di lingkup pedesaan yang masih jauh dari pusat perkotaan yang masih belum mewadahi dari aspek sarana dan prasarananya. Inilah yang menjadi tantangan yang cukup kompleks bagi pihak sekolah, guru, dan kepala sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengidentifikasi kendala pembelajaran yang dialami sekolah. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan studi kasus. Partisipan dalam penelitian ini ada 8 orang, yaitu guru PJOK, Kepala Sekolah, dan 6 dari peserta didik. Data dikumpulkan dengan terstruktur dan tidak terstruktur yaitu dengan cara observasi secara langsung di lapangan dan wawancara melalui zoom meeting. Hasil wawancara akan direkam dan ditranskrip dengan alat bantu aplikasi atlas.ti. Instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri akan tetapi dalam menjadi instrumen peneliti menggunakan protokol wawancara sebagai alat bantu. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dengan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menyajikan penarikan kesimpulan dan verifikasi pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Rekreasi di sekolah. Penarikan kesimpulan dan verifikasi ini menggambarkan bahwa pembelajaran yang berlangsung mengalami kendala yang meliputi (1) latar belakang pendidik, (2) sarana dan prasarana, (3) penyimpanan alat, (4) pelaksanaan pembelajaran, (5) karakteristik peserta didik, (6) faktor pendukung, (7) pemberlakuan kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Caly Setiawan, M.S., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: kendala, pendidikan jasmani olahraga kesehatan, studi kasus
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Sep 2023 04:36
Last Modified: 13 Sep 2023 04:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78887

Actions (login required)

View Item View Item