Tingkat Pemahaman Siswa Kelas V di Sekolah Dasar (SD) Gugus 5 Trihanggo Kapanewon Gamping Kabupaten Sleman Tentang Penyakit Menular

Akbar, Annas Rizky (2023) Tingkat Pemahaman Siswa Kelas V di Sekolah Dasar (SD) Gugus 5 Trihanggo Kapanewon Gamping Kabupaten Sleman Tentang Penyakit Menular. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_annas rizky akbar_19604224040.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pemahaman tentang penyakit menular bagi siswa kelas V se Gugus 5 Trihanggo, Kapanewon Gamping, Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas V di Gugus 5 Trihanggo, Kapanewon Gamping, Kabupaten Sleman, sejumlah 150 siswa dan sekaligus sebagai subjek penelitian. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dan instrumen yang digunakan menggunakan soal pilihan ganda yang berjumlah 17 soal. Berdasarkan hasil penelitian tingkat pemahaman siswa kelas V se Gugus 5 Trihanggo tentang penyakit menular, untuk kategori sangat tinggi sebanyak 35 siswa (23,6%), kategori tinggi sebanyak 71 siswa (47,2%), kategori sedang sebanyak 36 siswa (24,0%), kategori rendah 6 siswa (4,0%), dan kategori sangat rendah sebanyak 2 siswa (1,2%). Hal ini dapat diartikan bahwa tingkat pemahaman tentang penyakit menular bagi siswa kelas V se Gugus 5 Trihanggo sebagian besar masuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Erwin Setyo Kriswanto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: tingkat pemahaman, penyakit menular, siswa kelas V
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 21 Nov 2023 08:59
Last Modified: 21 Nov 2023 08:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78884

Actions (login required)

View Item View Item