Evaluasi Program Pembinaan Prestasi Tim U-12 Tahun Sekolah Sepakbola Satria Pandawa Dalam Kompetisi Liga Anak PSS Sleman, 2023

Hardiansyah, Hardiansyah (2023) Evaluasi Program Pembinaan Prestasi Tim U-12 Tahun Sekolah Sepakbola Satria Pandawa Dalam Kompetisi Liga Anak PSS Sleman, 2023. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_hardiansyah_22611251040.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan melakukan evaluasi pada pembinaan Sekolah Sepakbola Satria Pandawa menggunakan model CIPP (Context, Input, Procces, Product) dengan memakai indikator yang meliputi (1) Latar Belakang, (2) Tujuan Pembinaan, (3) Program Pembinaan, (4) Sumber Daya Manusia, (5) Sarana dan Prasarana, (6) Pendanaan, (7) Dukungan Orang Tua, (8) Implementasi Program, (9) Monev, (10) Hasil. Penelitian ini menggunakan metode Mix Methode. Obyek evaluasi adalah SSB Satria Pandawa. Teknik sampling menggunakan teknik purposive sampling sehingga mendapatkan sampel 5 Pengurus, 2 Pelatih dan 13 Atlet, kemudian untuk mengisi angket dan satu dari masing-masing aspek di SSB Satria Pandawa (Pengurus, Pelatih, Atlet) sebagai partisipan wawancara. Selain itu terdapat beberapa tes atau instrumen pendukung dari CIPP, diantaranya context berupa angket, pada komponen input berupa lembar observasi, pada komponen process berupa lembar observasi dan product berupa tes keterampilan dasar sepakbola, pengamatan karakter dan tes psikologi. Dengan analisis CIPP yang dikombinasikan dengan indikator pembinaan, didapatkan hasil evaluasi dari segi context yang meliputi; latar belakang; tujuan pembinaan; program pembinaan termasuk kategori baik dengan nilai 3,14. Dari segi input yang meliputi; sumber daya manusia; sarana dan prasarana; pendanaan; dan dukungan orang tua termasuk kategori baik dengan nilai 2,99. Dari segi process yang meliputi; implementasi program dan monev termasuk kategori baik dengan nilai 3,08. Dari segi product yang meliputi hasil termasuk kategori baik dengan nilai 3,15. Sehingga dapat disimpulkan pembinaan Sekolah Sepakbola (SSB) Satria Pandawa termasuk dalam kategori baik. Kemudian pada instrumen pendukung dari product didapatkan pada aspek keterampilan dasar passing dengan perolehan skor rata-rata 5,92 kriteria “sedang” dan shooting 91,92 kriteria “sedang”, lalu pada pengamatan karakter aspek kerja sama dengan perolehan skor rata-rata 32,0 kriteria “sedang”, aspek menghormati 31,5 kriteria “sedang” dan aspek disiplin dengan skor rata-rata 23,7 kriteria “sedang”. Berikutnya untuk tes psikologi pada komponen percaya diri memperoleh skor rata-rata 21,3 dengan kriteria “sedang”, komponen motivasi skor rata-rata 17,4 dengan kriteria “sedang“, komponen kecemasan dengan skor rata-rata 19 kriteria “sedang”, komponen kerja sama dengan skor rata-rata 20,8 kriteria “sedang”.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Sulistyono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: model CIPP, pembinaan, SSB Satria Pandawa
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 21 Nov 2023 06:10
Last Modified: 21 Nov 2023 06:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78883

Actions (login required)

View Item View Item