Pengaruh Latihan Core Stability, Wall Sit, dan Squat terhadap Keseimbangan dan Performa Keumgang Makki Atlet Taekwondo UNY

Cahyaningsih, Luzy (2023) Pengaruh Latihan Core Stability, Wall Sit, dan Squat terhadap Keseimbangan dan Performa Keumgang Makki Atlet Taekwondo UNY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_luzy cahyaningsih_19602244001.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh program latihan core stability, wall sit, dan squat terhadap keseimbangan atlet taekwondo UNY. (2) Untuk mengetahui pengaruh program latihan core stability, wall sit, dan squat terhadap performa keumgang makki atlet taekwondo UNY. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah “One Groups Pretest-Posttest Design”. Populasi penelitian adalah atlet taekwondo UNY. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kriteria (1) atlet Taekwondo yang masih aktif mengikuti latihan UKM UNY, (2) Atlet poomsae dengan rentang usia 18-22 tahun, (3) Atlet poomsae yang sudah mempelajari jurus keumgang. Berdasarkan kriteria yang memenuhi berjumlah berjumlah 7 atlet. Instrumen keseimbangan menggunakan Standing Stork Test dan performa keumgang makki menggunakan penailaian dari judge. Analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan program latihan core stability, wall sit, dan squat terhadap keseimbangan atlet Taekwondo UNY, dengan t hitung 5,490 > t tabel 2,447, dan p-value 0,002 < 0,05. Bersarnya peningkatan keseimbangan setelah diberikan latihan latihan core stability, wall sit, dan squat yaitu sebesar 17,90%. (2) Ada pengaruh yang signifikan program latihan core stability, wall sit, dan squat terhadap performa keumgang makki atlet Taekwondo UNY, dengan t hitung 9,212 > t tabel 2,447, dan p-value 0,000 < 0,05. Bersarnya peningkatan performa keumgang setelah diberikan latihan latihan core stability, wall sit, dan squat yaitu sebesar 28,46%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Devi Tirtawirya, M.Or.
Uncontrolled Keywords: core stability, wall sit, squat, keseimbangan, performa keumgang makki
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 06 Nov 2023 07:37
Last Modified: 06 Nov 2023 07:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78820

Actions (login required)

View Item View Item