Pengaruh Latihan Drill Passing dan Ball Feeling Terhadap Keterampilan Sepak Bola Ditinjau Dari Koordinasi Mata-Kaki Peserta Didik Ekstrakurikuler SMP N 3 Godean

Putra, Moch Bismo Ramadhansyah (2023) Pengaruh Latihan Drill Passing dan Ball Feeling Terhadap Keterampilan Sepak Bola Ditinjau Dari Koordinasi Mata-Kaki Peserta Didik Ekstrakurikuler SMP N 3 Godean. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_moch bismo ramadhansyah putra_20733251006.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) Perbedaan pengaruh latihan ball feeling dan drill pass terhadap keterampilan bermain sepak bola. (2). Perbedaan pengaruh dari kemampuan koordinasi mata kaki tinggi dan koordinasi mata kaki rendah terhadap keterampilan sepak bola pada peserta didik ekstarkurikuler SMP N 3 Godean. (3). Interaksi antara latihan ball feeling, drill passing dan koordinasi mata kaki (tinggi dan rendah) terhadap keterampilan sepak bola pada peserta didik SMP N 3 Godean. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik ekstrakurikuler sepak bola SMP N 3 Godean yang berjumlah 38 atlet. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan random sampling berjumlah 20 peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan menggunakan tes keterampilan “David Lee”. Teknik analisis data yang digunakan yaitu ANAVA two way. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Nilai signifikansi p sebesar 0,803 > 0,05 berarti H0 ditolak sehingga tidak terdapat perbedaan pengaruh latihan ball feeling dan drill passing terhadap keterampilan sepak bola pada peserta didik ekstrakurikuler SMP N 3 Godean. (2) Nilai signifikansi p sebesar 0,000 < 0,05 berarti H0 diterima sehingga terdapat perbedaan pengaruh dari kemampuan koordinasi mata-kaki tinggi dan koordinasi mata-kaki rendah terhadap keterampilan sepak bola pada peserta didik SMP N 3 Godean. (3) Nilai signifikansi p sebesar 0,598 > 0,05 berarti H0 diterima sehingga tidak terdapat interaksi antara latihan ball feeling, drill passing dan koordinasi mata-kaki (tinggi dan rendah) terhadap keterampilan sepak bola pada peserta didik SMP N 3 Godean. Hasil penelitian menunnjukan bahwa tidak terdapat perbedaan pengaruh latihan ball feeling dan drill passing terhadap keterampilan sepak bola peserta didik SMP N 3 Godean.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: ball feeling, drill passing, keterampilan sepak bola
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 06 Nov 2023 07:32
Last Modified: 06 Nov 2023 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78819

Actions (login required)

View Item View Item