Pengaruh Latihan Dengan Model Bermain Untuk Meningkatkan Passing Atas dan Passing Bawah Permainan Bola Voli Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli SMAN 1 Talun

Suryani, Aditya Yudi (2023) Pengaruh Latihan Dengan Model Bermain Untuk Meningkatkan Passing Atas dan Passing Bawah Permainan Bola Voli Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli SMAN 1 Talun. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_aditya yudi suryani_19601241049.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan dengan model bermain untuk meningkatkan passing atas dan passing bawah permainan bola voli peserta ekstrakurikuler bola voli di SMAN 1 Talun. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif metode eksperimen semu dengan One Group Pretest and Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler bola voli di SMAN 1 Talun kelas X dan XI yang berjumlah 14 peserta yang ditentukan melalui total sampling. Instrumen penelitian tes akurasi passing atas dan passing bawah menggunakan instrumen Brumbach Forearms Pass Wall Volley Test dengan koefisien validitas 0,80 dan reliabilitas sebesar 0,896 dan Kautz Volleyball Test koefisien validitas 0,82 dan reliabilitas sebesar 0,90. Teknik analisis data yaitu menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan metode bermain terhadap kemampuan teknik dasar passing atas dan passing bawah pada ekstrakurikuler SMAN 1 Talun. Diperoleh nilai rerata 49,71 sebelum diberikan perlakuan metode bermain dan nilai rerata meningkat menjadi 54,71 setelah diberikan perlakuan metode bermain untuk passing atas. Diperoleh nilai rerata 41,71 sebelum diberikan perlakuan metode bermain dan nilai rerata meningkat menjadi 46,71 setelah diberikan perlakuan metode bermain untuk passing bawah. (2) tidak ada perbedaan yang signifikan antara passing atas dan passing bawah, dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,00.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Suhadi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: latihan model bermain, passing atas, passing bawah
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 06 Nov 2023 06:37
Last Modified: 06 Nov 2023 06:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78809

Actions (login required)

View Item View Item