Persepsi Peserta Didik Kelas VIII Terhadap Pembelajaran PJOK Materi Permainan Sepak Bola Dengan Pendekatan Teaching Games For Understanding (TGfU) di SMP Negeri 2 Pekuncen, Kabupaten Banyumas

Rahman, Fathin Auliya-ur (2023) Persepsi Peserta Didik Kelas VIII Terhadap Pembelajaran PJOK Materi Permainan Sepak Bola Dengan Pendekatan Teaching Games For Understanding (TGfU) di SMP Negeri 2 Pekuncen, Kabupaten Banyumas. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_fathin auliya-ur rahman_19601244012.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Pekuncen tahun ajaran 2023/2024 terhadap penerapan pembelajaran sepak bola dengan menggunakan pendekatan Teaching Games for Understanding (TGfU). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan format deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan, meringkaskan berbagai kondisi, berbagai situasi, atau berbagai variabel yang muncul di masyarakat yang menjadi objek penelitian berdasarkan apa yang terjadi. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah 141 responden yang terdiri dari seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Pekuncen. Metode yang digunakan adalah metode survei. Adapun teknik pengambilan datanya yaitu dengan menggunakan angket tentang persepsi peserta didik yang diuraikan dari empat faktor yang mempengaruhi persepsi, yakni fungsional, struktural, situasional, dan personal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi peserta didik terhadap pembelajaran PJOK materi permainan sepak bola dengan pendekatan Teaching Games for Understanding (TGfU) sebagian besar berada pada kategori cukup, yaitu 54 peserta didik atau (38%) memilih kategori ini. Secara rinci dapat dijelaskan sebagai berikut: terdapat 10 peserta didik atau (7%) berada pada kategori sangat baik, 29 peserta didik atau (21%) berada pada kategori baik, 54 peserta didik atau (38%) berada pada kategori cukup, 42 peserta didik atau (30%) berada pada kategori tidak baik, 6 peserta didik atau (4%) berada pada kategori sangat tidak baik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Ahmad Rithaudin, M.Or.
Uncontrolled Keywords: persepsi, pembelajaran, TGfU
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Oct 2023 03:35
Last Modified: 27 Oct 2023 03:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78799

Actions (login required)

View Item View Item