Modifikasi Alat Gawang Aman pada Peralatan Olahraga Anak (POA) dalam Pembelajaran Kids’ Athletics untuk Anak Usia 6-8 Tahun

Meronda, Imran Purnama (2023) Modifikasi Alat Gawang Aman pada Peralatan Olahraga Anak (POA) dalam Pembelajaran Kids’ Athletics untuk Anak Usia 6-8 Tahun. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_imran purnama meronda_18602241021.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modifikasi alat gawang aman pada Peralatan Olahraga Anak (POA) dalam pembelajaran Kids’ Athletics untuk anak usia 6-8 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Uji coba skala kecil dilakukan di SD Bias Kaliurang Yogyakarta dengan subjek yaitu guru berjumlah 1 orang dan siswa berjumlah 8 anak. Uji coba skala besar dilakukan di Sekolah Atletik Sleman Sembada dengan subjek yaitu guru/pelatih berjumlah 2 orang dan siswa berjumlah 24 anak. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diperoleh dari penilaian ahli serta siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Produk modifikasi alat gawang aman pada POA dalam pembelajaran Kids’ Athletics untuk anak usia 6-8 tahun dikembangkan melalui langkah-langkah, yaitu studi pendahuluan, perencanaan produk, pengembangan produk awal, validasi ahli, uji coba skala kecil, dan uji coba skala besar. (2) Produk modifikasi alat gawang aman pada POA dalam pembelajaran Kids’ Athletics untuk anak usia 6-8 tahun yang dikembangan layak, berdasarkan penilaian kedua ahli rata-rata sebesar 94,00%, uji coba skala kecil sebesar 90,00%, dan uji coba skala besar sebesar 91,00%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Cukup Pahalawidi, M.Or.
Uncontrolled Keywords: modifikasi gawang, Kids’ Athletics, anak usia 6-8 tahun
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Oct 2023 02:30
Last Modified: 25 Oct 2023 02:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78765

Actions (login required)

View Item View Item