Hubungan Lion Test 3 Minute, Lion Test 6 Minute Terhadap Cooper Test Pada Daya Tahan Pemain Sepakbola Kelas Khusus Olahraga SMA N 2 Playen

Alfianto, Praditya Nur (2023) Hubungan Lion Test 3 Minute, Lion Test 6 Minute Terhadap Cooper Test Pada Daya Tahan Pemain Sepakbola Kelas Khusus Olahraga SMA N 2 Playen. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_praditya nur alfianto_19602244034.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lion test 3 minute, lion test 6 minute dengan cooper test pada daya tahan pemain sepakbola Kelas Khusus Olahraga SMA Negeri 2 Playen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian studi comparatif, yaitu penelitian yang membandingkan keberadaan satu variabel atau lebih pada dua atau lebih sampel yang berbeda, atau pada waktu yang berbeda. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa KKO atlet sepakbola SMA N 2 Playen berjumlah 30 orang. Subjek mendapatkan perlakuan berupa aktivitas fisik lari sejauh 400 m di lintasan lari atletik, dengan waktu 3 menit, 6 menit, dan 12 menit, hasilnya dihitung berapa jarak tempuh terjauh dari masing-masing subjek. Teknik analisis data menggunakan paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan uji normalitas yang diuji menggunakan uji kolmogrov Smirnov semua telah menunjukkan nilai signifikansi > 0,05. Yaitu sebesar 0,073 untuk 3 menit dan 0,366 untuk 6 menit, dengan demikian data dalam penelitian dinyatakan berdistribusi secara normal. Uji paired t test yang dilakukan terlihat bahwa untuk data 3 menit memiliki rerata sebesar 45.48 dan 42.58 untuk data 6 menit. Sedangkan pada nilai signifikansi didapati hasil sebesar 0.000 < 0.05, hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari uji lion test yang dilakukan pada 3 menit dan 6 menit. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa “terdapat pengaruh dari hasil lion test 3 menit ke 6 menit” diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Fauzi, M.Si.
Uncontrolled Keywords: lion test, cooper test, VO2maks
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:02
Last Modified: 05 Sep 2023 03:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78759

Actions (login required)

View Item View Item