Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Games for Understandings (TGfU) Pada Permainan Bola Voli Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Bermain dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPN 45 Palembang

Heisy, Nabella Qurnia (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Games for Understandings (TGfU) Pada Permainan Bola Voli Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Bermain dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPN 45 Palembang. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_nabella qurnia heisy_21633251053.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Masalah umum yang dihadapi sebagian besar peserta didik dalam pembelajaran PJOK adalah ketidakmampuan mereka untuk memahami konsep bermain dan motivasi belajar PJOK yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Teaching Games for Understandings (TGfU) pada permainan bolavoli terhadap kemampuan pemahaman konsep bermain dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Palembang. Metode penelitian adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan menggunakan desain non-equivalent posttest control group. Penelitian ini melibatkan 72 siswa sebagai sampel yang diambil secara acak terdiri dari kelas VII-7 sebagai kelas kontrol diberikan perlakuan berupa model pembelajaran Direct Instructional (DI) dan kelas VII-4 sebagai kelas ekperimen diberikan perlakuan berupa model pembelajaran Teaching Games for Understandings (TGfU). Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep bermain dan angket motivasi belajar. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 5%. Jika terdapat pengaruh pembelajaran PJOK dengan model pembelajaran Teaching Games for Understandings (TGfU)., maka dilakukan uji lanjut dengan menggunakan uji F univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Teaching Games for Understandings (TGfU) terhadap kemampuan pemahaman konsep bermain dan motivasi belajar peserta didik; (2) Penerapan model pembelajaran Teaching Games for Understandings (TGfU) lebih unggul dibandingkan dengan model pembelajaran Direct Instruction (DI) ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep bermain peserta didik; (3) Penerapan model pembelajaran Teaching Games for Understandings (TGfU) lebih unggul dibandingkan dengan model pembelajaran Direct Instruction (DI) ditinjau dari motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Pamuji Sukoco, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Teaching Games for Understandings (TGfU), kemampuan pemahaman konsep bermain, motivasi belajar, permainan bolavoli
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:51
Last Modified: 25 Sep 2023 02:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78753

Actions (login required)

View Item View Item