Hubungan Panjang Lengan dan Power Otot Lengan Terhadap Jauhnya Lemparan Penjaga Gawang Sepakbola Kelas Khusus Olahraga SMP di Yogyakarta

Salamudin, Amar (2023) Hubungan Panjang Lengan dan Power Otot Lengan Terhadap Jauhnya Lemparan Penjaga Gawang Sepakbola Kelas Khusus Olahraga SMP di Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_amar salamudin_17602241051.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Hubungan panjang lengan terhadap jauhnya lemparan penjaga gawang sepakbola Kelas Khusus Olahraga SMP di Yogyakarta. 2) Hubungan power otot lengan terhadap jauhnya lemparan penjaga gawang sepakbola Kelas Khusus Olahraga SMP di Yogyakarta. 3) Hubungan panjang lengan dan power otot lengan terhadap jauhnya lemparan penjaga gawang sepakbola Kelas Khusus Olahraga SMP di Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Metode dalam penelitian ini adalah metode survei. Subjek dalam penelitian ini penjaga gawang Kelas Khusus Olahraga SMP di Yogyakarta sebanyak 20 anak. Teknik analisis data menggunakan korelasi product momen dan analisis regresi berganda dengan taraf signifikan 5 %. Dalam penelitian ini menggunakan tiga jenis tes 1) Tes panjang lengan. 2) Tes power lengan. 3) Tes jauhnya lemparan penjaga gawang. Hasil uji hipotesis 1 diperoleh nilai sebesar r hitung = 0,518 > r(0.05)(20) = 0,444, disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara panjang lengan terhadap jauhnya lemparan penjaga gawang cabang olahraga sepakbola Kelas Khusus Olahraga SMP di Yogyakarta. Uji hipotesis 2 diketahui koefisien korelasi sebesar r hitung = 0,655 > rtabel (0.05)(20) = 0,444, disimpulkan ada hubungan power otot lengan terhadap jauhnya lemparan penjaga gawang cabang olahraga sepakbola Kelas Khusus Olahraga SMP di Yogyakarta. Hasil uji hipotesis 3 diketahui nilai F hitung 9,998 > F tabel (3,20) disimpulkan ada hubungan panjang lengan dan power otot lengan terhadap jauhnya lemparan penjaga gawang cabang olahraga sepakbola Kelas Khusus Olahraga SMP di Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Drs. Herwin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: panjang lengan, power otot lengan, jauhnya lemparan
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:53
Last Modified: 04 Sep 2023 07:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78751

Actions (login required)

View Item View Item