Tingkat Kemampuan Motorik Kasar Peserta Didik Autis Sekolah Dasar di SLB Autisitik Fajar Nugraha Depok Sleman

Romi, Zul Fikri Aditya (2023) Tingkat Kemampuan Motorik Kasar Peserta Didik Autis Sekolah Dasar di SLB Autisitik Fajar Nugraha Depok Sleman. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_zul fikri aditya romi_19601244001.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan motorik kasar pada peserta didik autis sekolah dasar di SLB Autistik Fajar Nugraha Depok Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan pengumpulan datanya dengan menggunakan teknik observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik autis sekolah dasar di SLB Autistik Fajar Nugraha Depok Sleman sebanyak 7 peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan motorik kasar peserta didik autis yaitu tes jalan jinjit sejauh 5 meter, jalan diatas papan titian sejauh 5 meter, lompat tanpa awalan, melompat dari atas balok setinggi 15 cm, melempar bola sejauh-jauhnya, mleompati simpai dengan tumpuan satu kaki. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskripsi kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kemampuan motorik kasar pada peserta didik autis sekolah dasar di SLB Autisitik Fajar Nugraha Depok Sleman sebagian besar masuk dalam kategori cukup sebesar 42,9 %, kategori amat baik sebesar 28,5 %, kategori baik sebesar 14,3 %, kategori kurang sebesar 14,3 % dan kategori sedang sebesar 0 % Dapat disimpulkan hasil kemampuan motorik kasar pada peserta didik autis sekolah dasar di SLB Autistik Fajar Nugraha Depok Sleman adalah cukup baik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Yuyun Ari Wibowo, M.Or.
Uncontrolled Keywords: kemampuan motorik kasar, peserta didik autis
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:35
Last Modified: 04 Sep 2023 07:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78748

Actions (login required)

View Item View Item