Tingkat Pemahaman Peserta Didik Kelas V Tentang Gerak Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif Pada Gerak Dasar Permainan Sepak Bola di SD Negeri Ngetal Kapanewon Seyegan

Zahar, Alvis (2023) Tingkat Pemahaman Peserta Didik Kelas V Tentang Gerak Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif Pada Gerak Dasar Permainan Sepak Bola di SD Negeri Ngetal Kapanewon Seyegan. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_alvis zahar_19604221060.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik kelas V tentang gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif pada gerak dasar permainan sepak bola di SD Negeri Ngetal Kapanewon Seyegan. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survei. Populasi yang digunakan ialah peserta didik kelas V (lima) yang bertempat di SD Negeri Ngetal Kapanewon Seyegan, yaitu sebanyak 30 peserta didik dan sekaligus subjek pada penelitian. Sampel yang diambil menggunakan teknik total sampling sedangkan instrumen yang akan dipakai berupa tes atau kuisioner lalu akan disebarkan oleh peneliti kepada responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman peserta didik kelas V tentang gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulative yaitu kategori “sangat rendah” sebesar 0% (0 peserta didik), “rendah” sebesar 7% (2 peserta didik), “sedang” sebesar 53% (16 peserta didik), “tinggi” sebesar 37% (11 peserta didik), dan “sangat tinggi” sebesar 3% (1 peserta didik). Maka dari itu dapat disimpulkan bahwasannya tingkat pemahaman peserta didik kelas V tentang gerak lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif pada gerak dasar permainan sepak bola di SD Negeri Ngetal Kapanewon Seyegan mayoritas kategori “sedang”.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Nurhadi Santoso, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: tingkat pemahaman, gerak dasar, sepak bola
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Sep 2023 09:01
Last Modified: 18 Sep 2023 09:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78746

Actions (login required)

View Item View Item