Pengaruh Latihan Plyometrics Terhadap Kemampuan Lompatan Dalam Permainan Bola Voli Pada Peserta Ekstrakurikuler SMP N 1 Playen

Mitasari, Agzessa Laudry (2023) Pengaruh Latihan Plyometrics Terhadap Kemampuan Lompatan Dalam Permainan Bola Voli Pada Peserta Ekstrakurikuler SMP N 1 Playen. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_agzessa laudry mitasari_19601241034.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang masalah peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 1 Playen yang belum maksimal dalam melakukan teknik dasar block terutama pada tinggi lompatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan plyometrics terhadap kemampuan lompatan peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 1 Playen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode design one gorup pre test and post test design yang dilakukan terhadap satu kelompok tanpa adanya kelompok kontrol atau pembanding. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 1 Playen dengan sampel peserta ektrakurikuler yang berjenis kelamin perempuan dengan jumlah peserta 14 orang. Instrumen untuk pengambilan data menggunakan petunjuk tes vertical jump. Hipotesis penelitian ini diuji menggunakan Uji Paired T-Test dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan setelah dilakukan latihan plyometrics menggunakan terhadap kemampuan lompatan bolavoli, ditunjukkan dengan kenaikan tinggi loncatan mencapai 2,45 sampai dengan 3,12 cm dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Sujarwo, M.Or.
Uncontrolled Keywords: block, plyometrics, ekstrakurikuler bolavoli
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Sep 2023 02:32
Last Modified: 14 Sep 2023 02:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78711

Actions (login required)

View Item View Item