Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Senam Guling Depan Peserta Didik Kelas XI TM B SMK Pangudi Luhur Muntilan Tahun Ajaran 2023/2024

Huda, Arif Miftakhul (2023) Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Senam Guling Depan Peserta Didik Kelas XI TM B SMK Pangudi Luhur Muntilan Tahun Ajaran 2023/2024. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_arif miftakhul huda_19601241059.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar aspek keterampilan guling depan senam lantai melalui penggunaan media pembelajaran visual kartu bergambar pada peserta didik kelas XI TM B SMK Pangudi Luhur Muntilan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TM B SMK Pangudi Luhur Muntilan tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 29 anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian PTK ini dilaksanakan sebanyak satu siklus dengan dua kali pertemuan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, pada pertemuan pertama diperoleh hasil untuk nilai keterampilan memiliki rata-rata kelas 71,00 dengan rata-rata peningkatan (gain) 0,35 dalam kategori peningkatan sedang dan hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran didapatkan pada hasil rata-rata baik dengan persentase 50,86%. Sedangkan pada pertemuan kedua diperoleh hasil untuk nilai keterampilan memiliki rata-rata 96,00, dengan rata-rata peningkatan (gain) 0,87 dalam kategori peningkatan tinggi dan hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran didapatkan pada hasil rata-rata sangat baik dengan persentase 75,00%. Berdasarkan hasil penelitian PTK tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran visual kartu bergambar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI TM B SMK Pangudi Luhur Muntilan dalam pembelajaran senam lantai materi guling depan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Pamuji Sukoco, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, senam lantai, guling depan, media pembelajaran visual
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Sep 2023 03:41
Last Modified: 13 Sep 2023 03:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78710

Actions (login required)

View Item View Item