Tingkat Pemahaman Atlet ASKI Kabupaten Gunungkidul Terhadap Peraturan Pertandingan Karate Terbaru Kategori Kumite (Studi pada Atlet Karate Junior Perguruan ASKI Kab. Gunungkidul)

Widyaningsih, Erni (2023) Tingkat Pemahaman Atlet ASKI Kabupaten Gunungkidul Terhadap Peraturan Pertandingan Karate Terbaru Kategori Kumite (Studi pada Atlet Karate Junior Perguruan ASKI Kab. Gunungkidul). S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_erni widyaningsih_19602244059.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Pemahaman Atlet Karate Junior ASKI Kabupaten Gunungkidul Terhadap Peraturan Pertandingan Terbaru Kategori Kumite. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria meliputi: (1) usia 10 s.d 17 tahun (2) sabuk hijau-hitam (3) atlet aktif kategori kumite (4) mengikuti pertandingan minimal 5 kali atau sudah menjadi atlet + 2 tahun. Sampel yang sesuai dengan kriteria tersebut sebanyak 36 atlet. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang terdiri dari 40 butir pertanyaan yang kemudian dikurangi 5 butir karena uji validitas. Kuesioner memperoleh hasil reliabilitas sebesar 0.753 yang berarti kuisoner reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman atlet karate junior ASKI Kabupaten Gunungkidul terhadap peraturan pertandingan terbaru kategori kumite dalam kategori “sangat tinggi” sebanyak 3 atlet (8%,) kategori “tinggi” sebanyak 21 atlet (58%), kategori “sedang” sebanyak 12 atlet (33%) serta kategori “rendah” dan “sangat rendah” sebanyak 0 atlet (0%). Terdapat 8 faktor dalam kuesioner dimana kategori sangat tinggi terdapat pada faktor area pertandingan, kategori tinggi pada faktor lama waktu pertandingan, penilaian, perilaku yang dilarang dan peringatan dan hukuman serta kategori sedang pada faktor pakaian dan perlengkapan resmi, pengaturan pertandingan dan kriteria untuk keputusan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman atlet termasuk tingi dengan perolehan tertinggi pada faktor area pertandingan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Danardono, M.Or.
Uncontrolled Keywords: pemahaman, atlet, karate, peraturan pertandingan, kumite
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Sep 2023 02:06
Last Modified: 13 Sep 2023 02:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78702

Actions (login required)

View Item View Item