Pengaruh Latihan Jump Stop Dan Straddle Stop Yang Diawali Dribble Terhadap Jump Shoot Pada Atlet Bola Basket Putra SMAN 1 Klaten

Sobri, Muhammad Daffa Jamal (2023) Pengaruh Latihan Jump Stop Dan Straddle Stop Yang Diawali Dribble Terhadap Jump Shoot Pada Atlet Bola Basket Putra SMAN 1 Klaten. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_muhammad daffa jamal sobri_19602241057.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh latihan jump shoot dengan berhenti secara jump stop yang diawali dribble terhadap hasil jump shoot pada atlet bola basket putra SMA Negeri 1 Klaten. (2) Mengetahui ada tidaknya pengaruh latihan jump shoot dengan berhenti secara straddle stop yang diawali dribble terhadap hasil jump shoot pada atlet bola basket putra SMA Negeri 1 Klaten. (3) Mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh latihan jump shoot dengan berhenti secara jump stop dan straddle stop yang diawali dribble terhadap hasil jump shoot pada atlet bola basket putra SMA Negeri 1 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain preexperimental design dan berbentuk penelitian two group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler bola basket putra SMA Negeri 1 Klaten yang berjumlah 20 orang. Serta menggunakan teknik analisis data berupa uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh akibat latihan jump shoot dengan berhenti secara jump stop yang diawali dribble terhadap hasil jump shoot pada atlet bola basket putra SMA Negeri 1 Klaten, dengan t hitung 27,297 > t tabel 2,262 dan nilai sig. 0,000 < 0,05. Besarnya peningkatan jump shoot yang diberi latihan dengan berhenti secara jump stop yang diawali dribble mengalami peningkatan sebesar 44,54%. (2) Terdapat pengaruh akibat latihan jump shoot dengan berhenti secara straddle stop yang diawali dribble terhadap hasil jump shoot pada atlet bola basket putra SMA Negeri 1 Klaten, dengan t hitung 18,053 > t tabel 2,262 dan nilai sig. 0,000 < 0,05. Besarnya peningkatan jump shoot yang diberi latihan dengan berhenti secara straddle stop yang diawali dribble mengalami peningkatan sebesar 42,34%. (3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara latihan jump shoot dengan berhenti secara jump stop dan straddle stop yang diawali dribble terhadap hasil jump shoot pada atlet bola basket putra SMA Negeri 1 Klaten, dengan t hitung 0,632 < t tabel 2,1 dan nilai sig. 0,535 > 0,05. Rata-rata kelompok latihan menggunakan teknik awalan jump stop sebesar 4,9 dan kelompok latihan menggunakan teknik awalan straddle stop sebesar 4,7. Sehingga tidak terdapat perbedaan antara hasil latihan jump shoot dengan berhenti secara jump stop yang diawali dribble dan latihan jump shoot dengan berhenti secara straddle stop yang diawali dribble terhadap hasil jump shoot pada atlet bola basket putra SMA Negeri 1 Klaten.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Budi Aryanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: jump shoot diawali jump stop, jump shoot diawali straddle stop
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:15
Last Modified: 11 Sep 2023 03:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78690

Actions (login required)

View Item View Item