Pengaruh Penerapan Peraturan Stall Rules Terhadap Pola Pertandingan Kyorugi Dalam Cabang Olahraga Taekwondo di PORDA DIY

Annauval, Ihza Chairi (2023) Pengaruh Penerapan Peraturan Stall Rules Terhadap Pola Pertandingan Kyorugi Dalam Cabang Olahraga Taekwondo di PORDA DIY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_ihza chairi annauval_19602241074.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan bahwa pembaharuan peraturan pertandingan Stall Rules secara teknis menuntut meningkatnya intensitas dalam pola pertandingan Kyorugi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak yang timbul dari diterapkannya perubahan durasi Stall Rules terhadap pola pertandingan Kyorugi dalam PORDA Taekwondo DIY. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan data menggunakan analisis dokumen. Berdasarkan kriteria purposive sampling yang memiliki arsip dokumentasi pertandingan dalam berbentuk video di kompetisi PORDA Taekwondo DIY XIV dan/atau PORDA Taekwondo DIY XVI, telah tercatat sebagai data dalam penelitian ini berjumlah 29 atlet dari total 32 sampel. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik Statistik Deskriptif Kuantitatif yang bersifat statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan diterapkannya perubahan durasi Stall Rules terdapat perubahan yang signifikan antara pola taktik yang digunakan dalam PORDA Taekwondo DIY XIV dan PORDA Taekwondo DIY XVI, dengan rincian Pola Taktik A1 dari (41,94%) menurun menjadi (21,9%), Pola Taktik A2 dari (12,9%) bertambah menjadi (31,82%), Pola Taktik C1 dari (8,06%) bertambah menjadi (39,26%), Pola Taktik C2 (37,1%) menurun menjadi (3,72%), dan tidak memiliki pola taktik (0%) bertambah menjadi (3,3%), serta pola pertandingan Kyorugi dapat terpengaruh karena meningkatnya intensitas yang terjadi di lapangan, dengan mengacu pada perubahan terjadinya Gamjeon, yang semulanya 11,74% dari 62 momentum Stall Rules dalam PORDA Taekwondo DIY XIV bertambah menjadi 11,98% dari 242 momentum Stall Rules dalam PORDA Taekwondo DIY XVI.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Devi Tirtawirya, M.Or.
Uncontrolled Keywords: pola pertandingan, PORDA DIY, stall rules, taekwondo
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 05 Sep 2023 04:34
Last Modified: 05 Sep 2023 04:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78669

Actions (login required)

View Item View Item