Studi Korelasi Antara Kecepatan, Kelincahan, Power Tungkai, dan Koordinasi Mata-Kaki Terhadap Kemampuan Dribbling Pemain Sepakbola Bali United Tahun 2021

Malaifani, Yabes Roni (2023) Studi Korelasi Antara Kecepatan, Kelincahan, Power Tungkai, dan Koordinasi Mata-Kaki Terhadap Kemampuan Dribbling Pemain Sepakbola Bali United Tahun 2021. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_yabes roni malaifani_20732251028.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara kecepatan dengan kemampuan dribbling. (2) Hubungan antara kelincahan dengan kemampuan dribbling. (3) Hubungan antara power tungkai dengan kemampuan dribbling. (4) Hubungan antara koordinasi mata-kaki dengan kemampuan dribbling. (5) Hubungan antara kecepatan, kelincahan, power tungkai, dan koordinasi mata-kaki terhadap kemampuan dribbling pemain sepakbola Bali United tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain sepakbola Bali United tahun 2021 yang berjumlah 32 pemain. Teknik sampling yang digunakan yaitu total sampling. Instrumen kecepatan diukur dengan tes lari 50 meter dengan satuan detik, kelincahan diukur menggunakan Illinois Agility Test dengan satuan detik, power tungkai diukur menggunakan tes vertical jump dengan satuan centimeter, dan kemampuan dribbling diukur dengan tes Short Dribbling Test dalam satuan detik. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan yang signifikan antara kecepatan dengan kemampuan dribbling pemain sepakbola Bali United tahun 2021. Sumbangan kecepatan terhadap kemampuan dribbling sebesar 20,96%. (2) Ada hubungan yang signifikan antara kelincahan dengan kemampuan dribbling pemain sepakbola Bali United tahun 2021. Sumbangan kelincahan terhadap kemampuan dribbling sebesar 23,69%. (3) Ada hubungan yang signifikan antara power tungkai dengan kemampuan dribbling pemain sepakbola Bali United tahun 2021. Sumbangan power tungkai terhadap kemampuan dribbling sebesar 16,46%. (4) Ada hubungan yang signifikan antara koordinasi mata-kaki dengan kemampuan dribbling pemain sepakbola Bali United tahun 2021. Sumbangan koordinasi mata-kaki terhadap kemampuan dribbling sebesar 24,49%. (5) Ada hubungan yang signifikan antara kecepatan, kelincahan, power tungkai, dan koordinasi mata-kaki terhadap kemampuan dribbling pemain sepakbola Bali United tahun 2021. Sumbangan kecepatan, kelincahan, power tungkai, dan koordinasi mata-kaki terhadap kemampuan dribbling sebesar 85,60%.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Endang Rini Sukamti, M.S.
Uncontrolled Keywords: kecepatan, kelincahan, power tungkai, koordinasi mata-kaki, kemampuan dribbling
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:49
Last Modified: 05 Sep 2023 03:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78666

Actions (login required)

View Item View Item