Implementasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Pembelajaran PJOK di SMA Negeri 1 Kedungreja

Supriyatno, Iis (2023) Implementasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Pembelajaran PJOK di SMA Negeri 1 Kedungreja. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_iis supriyatno_19601241106.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan utama. Pertama, menganalisis implementasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam pembelajaran PJOK di SMA Negeri 1 Kedungreja. Kedua, menganalisis hambatan dan solusi guru PJOK dalam mengimplementasikan pembelajaran PJOK berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di SMA Negeri 1 Kedungreja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian menggunakan teknik analisis data yang dikembangkan Miles dan Hubberman yang terdiri atas pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi HOTS dalam pembelajaran PJOK di SMA Negeri 1 Kedungreja terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahapan perencanaan diawali penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan berdasarkan beberapa kriteria tertentu. Aspek pelaksanaan menggunakan model pembelajaran yang berbasis problem-based learning, project-based learning, dan discovery learning. Metode pembelajaran berbasis diskusi, presentasi, dan demonstrasi. Evaluasi implemetasi pembelajaran terdiri atas penilaian proses dan penilaian hasil belajar. Pembelajaran PJOK sudah mengarah pada implementasi HOTS walaupun belum secara keseluruhan.: (2) Kendala dalam implementasi pembelajaran PJOK berbasis HOTS di SMA Negeri 1 Kedungreja adalah kesulitan guru dalam membuat instrumen penilaian proses dan guru kesulitan dalam membuat soal tes untuk evaluasi. Terdapat pula keterbatasan pada sarana dan prasarana sekolah, serta peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, kemampuan peserta didik dalam memahami pelajaran tidaklah sama. Guna mengatasi kendala tersebut, guru memandang bahwa kendala tersebut harus jadikan peluang.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Sri Winarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Higher Order Thinking Skills, pembelajaran PJOK, SMA Negeri 1 Kedungreja
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Aug 2023 07:50
Last Modified: 31 Aug 2023 07:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78639

Actions (login required)

View Item View Item