Efek Circuit Trainiing dan Gender Terhadap Keterampilan Back Hand dan Fore Hand Drive Atlet Tenis Meja Ditinjau Dari Keterampilan Driver (Studi Kasus di Blora Kota PTM KU 10-13)

Jatmikanto, Riski Septa (2023) Efek Circuit Trainiing dan Gender Terhadap Keterampilan Back Hand dan Fore Hand Drive Atlet Tenis Meja Ditinjau Dari Keterampilan Driver (Studi Kasus di Blora Kota PTM KU 10-13). S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_gilang briliananda_21632251037.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian inii bermaksud untuk menganalisis : (1)pengaruh perbedaan pelatihan circuit 90 detik dan 180 detik untuk menaikan keterampilan tenis meja, (2) perbedaan pengaruh atlet tenis meja bersama gender putra dan putri terhadap keterampilan back hand dan fore hand drive. (3) interaksi diantara pengaruh latihan circuit dan gender terhadap keterampilan back hand dan fore hand drive atlet tenis meja. Jenis penelitian inii merupakan penelitian eksperimen bersama rancangan komponenial 2x2. Populasi pada penelitian inii berjumlah 20 atlet U 10-13 pada satu PTM SPC yang berada di kota Blora. Sampel yang dipakai berjumlah 20 atlet bersama gaya random sampling. Gaya pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest bersama instrumen tes untuk mengukur ketepatan poin pukulan back hand dan fore hand drive bersama metode drill ball. Gaya analisis data yang dipakai adalah uji-t dan ANAVA dua jalur bersama taraf signifikansi 5%. Hasill penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak memiliki perbedaan pengaruh yang signifikan diantara latihan circuit 90 detik dan 180 detik bersama nilai signifikansi p= 0,852 terhadap keterampilan fore hand dan p= 0,960 terhadap keterampilan back hand atlet tenis meja; (2) Tidak memiliki perbedaan pengaruh yang signifikan diantara atlet tenis meja bersama gender putra dan gender putri bersama nilai signifikansi p= 0,800 terhadap keterampilan fore hand dan p= 0,960 terhadap keterampilan back hand; (3) Tidak memiliki interaksi yang signifikan diantara latihan circuit dan gender bersama nilai signifikansi p=0,668 terhadap keterampilan fore hand dan p= 0,130 terhadap keterampilan back hand. Dapat disimpulkan bahwa memiliki pengaruh yang signifikan latihan circuit 90 detik dan 180 detik terhadap keterampilan back hand dan fore hand drive namun tidak memiliki perbedaan pengaruh yang signifikan terhadap kedua latihan tersebut.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Tomoliyus, M.S.
Uncontrolled Keywords: latihan, circuit trainiing 90 detik , circuit trainiing 180 detik, ketrampilan, tenis meja, back hand, fore han
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:34
Last Modified: 31 Aug 2023 02:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78609

Actions (login required)

View Item View Item