Desain Aktivitas Pembelajaran Kokurikuler Berbasis Physical Literacy Untuk Meningkatkan Kesegaran Jasmani Peserta Didik Usia 13-15 Tahun

Harjono, Cahyo (2023) Desain Aktivitas Pembelajaran Kokurikuler Berbasis Physical Literacy Untuk Meningkatkan Kesegaran Jasmani Peserta Didik Usia 13-15 Tahun. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_cahyo harjono_21633251054.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan konstruksi desain aktivitas pembelajaran kokurikuler berbasis physical literacy untuk meningkatkan kesegaran jasmani pada peserta didik usia 13-15 tahun, menghasilkan desain aktivitas pembelajaran kokurikuler berbasis physical literacy yang layak digunakan untuk meningkatkan kesegaran jasmani pada peserta didik usia 13-15 tahun, dan menguji keefektifan desain aktivitas pembelajaran kokurikuler berbasis physical literacy untuk meningkatkan kesegaran jasmani pada peserta didik usia 13-15 tahun. Pengembangan produk menggunakan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Brach yang terdiri dari lima tahapan yaitu: analysis, design, develop, implement, dan evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan tes. Instrumen pengumpulan data yaitu pedoman wawancara guru dan siswa, kuesioner studi pendahuluan guru dan siswa, kuesioner validasi ahli, kuesioner uji kelayakan untuk respon guru dan siswa, instrumen uji keefektifan adalah tes kesegaran jasmani indonesia. Validasi melibatkan tiga ahli yaitu, satu ahli materi, satu ahli bahasa, dan satu ahli media. Subjek penelitian melibatkan 64 siswa pada kelompok kecil dan uji coba kelompok besar sebanyak 128 siswa dan guru sebanyak delapan orang untuk menguji kelayakan produk. Uji efektifitas melibatkan 32 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa menghasilkan sebuah menghasilkan konstruksi desain aktivitas pembelajaran kokurikuler berbasis physical literacy untuk meningkatkan kesegaran jasmani pada peserta didik usia 13-15 tahun. Desain aktivitas pembelajaran kokurikuler berbasis physical literacy untuk meningkatkan kesegaran jasmani pada peserta didik usia 13-15 tahun sangat layak menurut para ahli media, ahli bahasa, ahli materi, guru, dan siswa. Desain aktivitas pembelajaran kokurikuler berbasis physical literacy untuk meningkatkan kesegaran jasmani pada peserta didik usia 13-15 tahun efektif dalam meningkatkan kesegaran jasmani pada peserta didik usia 13-15 tahun berdasarkan hasil uji-t dengan taraf signifikansi 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Yudanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kokulikuler, desain aktivitas fisik, physical literacy, kesegaran jasmani
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:32
Last Modified: 30 Aug 2023 02:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78562

Actions (login required)

View Item View Item