Pengaruh Metode Latihan Fix Target dan Moving Target terhadap Akurasi Groundstroke Ditinjau dari Koordinasi Mata Tangan Petenis Junior Rafisa Tennis Club

Mohammad, Rafidhiya (2023) Pengaruh Metode Latihan Fix Target dan Moving Target terhadap Akurasi Groundstroke Ditinjau dari Koordinasi Mata Tangan Petenis Junior Rafisa Tennis Club. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_rafidhiya mohammad_21632251027.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk menganalisis perbedaan pengaruh metode latihan fix target dan moving target terhadap akurasi groundstrokes petenis junior Rafisa Tennis Club. (2) Untuk menganalisis perbedaan pengaruh antara atlet dengan koordinasi mata tangan tinggi dan rendah terhadap akurasi groundstrokes petenis junior Rafisa Tennis Club. (3) Untuk menganalisis interaksi antara metode latihan fix target dan moving target terhadap akurasi groundstrokes ditinjau dari koordinasi mata tangan (tinggi dan rendah) petenis junior Rafisa Tennis Club. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah petenis junior Rafisa Tennis Club yang berjumlah 58 atlet. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling berjumlah 20 atlet. Instrumen yang digunakan untuk mengukur koordinasi mata tangan menggunakan tes lempar tangkap bola Tenis dan groundstrokes forehand dan backhand menggunakan tes Hewitt Tennis Acheivesment. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t dan ANAVA two way. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan fix target dan moving target terhadap akurasi groundstrokes petenis junior Rafisa Tennis Club, dengan p-value < 0,05. Kelompok moving target lebih tinggi (baik) dibandingkan dengan kelompok latihan fix target, dengan selisih sebesar 2,4. (2) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara atlet dengan koordinasi mata tangan tinggi dan rendah terhadap akurasi groundstrokes petenis junior Rafisa Tennis Club, dengan p-value < 0,05. Atlet yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi lebih tinggi (baik) dibandingkan dengan atlet yang memiliki koordinasi mata tangan rendah, dengan selisih sebesar 12,4. (3) Ada interaksi yang signifikan antara latihan (fix target dan moving target) dengan koordinasi mata tangan (tinggi dan rendah) terhadap akurasi groundstrokes petenis junior Rafisa Tennis Club, dengan p-value < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok latihan moving target merupakan latihan yang lebih efektif digunakan untuk atlet yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi dan latihan mental fix target lebih efektif digunakan untuk atlet yang memiliki koordinasi mata tangan rendah.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Abdul Alim, M.Or.
Uncontrolled Keywords: fix target, moving target, akurasi groundstrokes, koordinasi mata tangan
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Aug 2023 04:30
Last Modified: 22 Aug 2023 04:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78526

Actions (login required)

View Item View Item