Hubungan Kualitas Tidur dan Aktivitas Fisik Dengan Kebugaran Jasmani Siswa Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli di SMP Negeri 1 Sanden

Erry, Alda Ayu Rachmalia (2023) Hubungan Kualitas Tidur dan Aktivitas Fisik Dengan Kebugaran Jasmani Siswa Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli di SMP Negeri 1 Sanden. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_alda ayu rachmalia erry_19601244013.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas tidur dan aktivitas fisik dengan kebugaran jasmani peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 1 Sanden. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi. Metode dalam penelitian ini adalah metode survei dengan instrumen penelitian menggunakan kualitas tidur menggunakan kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI), aktivitas fisik menggunakan Physical Activity Questionnare for Adolescents (PAQ-A) sedangkan kebugaran jasmani menggunakan Harvard Step-Ups Test. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, Subjek penelitian adalah Siswa Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli di SMP Negeri 1 Sanden sebanyak 51 anak. Teknik analisis data menggunakan korelasi product momen dan analisis regresi berganda dengan taraf signifikan 5 %. Hasil analisis pada uji hipotesis 1 diperoleh nilai r hitung = 0,362 > r(0.05)(51) = 0,279, hasil tersebut disimpulkan ada hubungan yang signifikan anatara kualitas tidur dengan kebugaran jasmani peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 1 Sanden. Hasil analisis pada uji hipotesis 2 diperoleh nilai r hitung = 0,426 > rtabel (0.05)(51) = 0,279. Hasil tersebut dapat disimpulkan ada hubungan yang siginifikan antara aktivitas fisik dengan kebugaran jasmani peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 1 Sanden. Hasil analisis pada uji hipotesis ke 3 diketahui nilai F hitung 10,478 > F tabel (3,19) hasil tersebut disimpulkan ada hubungan yang signifikan secara simultan antara kualitas tidur dan aktivitas fisik dengan Kebugaran Jasmani Siswa Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli di SMP Negeri 1 Sanden.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Yuyun Ari Wibowo, M.Or.
Uncontrolled Keywords: kualitas tidur, aktivitas fisik, kebugaran jasmani
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:24
Last Modified: 30 Aug 2023 02:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78504

Actions (login required)

View Item View Item