Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Smash Siswa Sekolah Bulutangkis Vamos De Java Kabupaten Gunungkidul

Kumala, Annisa Desti (2023) Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Smash Siswa Sekolah Bulutangkis Vamos De Java Kabupaten Gunungkidul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_annisa desti kumala_19601244072.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa sekolah bulutangkis Vamos De Java Kabupaten Gunungkidul dalam melakukan Smash. Serta belum diketahuinya pengaruh metode drill terhadap hasil smash siswa sekolah bulutangkis vamos de java kabupaten Gunungkidul. Dimana siswa vamos de java proses latihannya cenderung belum bervariasi atau kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sebelum menggunakan metode drill dan sesudah menggunakan metode drill dalam keterampilan bulutangkis siswa sekolah bulutangkis Vamos De Java Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen (eksperiment) dengan desain one grups pretest posttest design. Dalam desain ini terdapat pretest sebelum diberikan perlakuan dan posttest setelah diberikan perlakuan dengan sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 siswa 11 putra dan 4 putri. Instrument yang digunakan untuk tes kemampuan smash bulutangkis oleh Saleh Anasir (2010 : 28). Berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode drill berpengaruh untuk hasil smash siswa vamos de java kabupaten Gunungkidul. Hasil smash pretest mendapatkan nilai minimal 58, nilai maksimal 71,rata-rata 62.73 dengan standar deviasi 4.45. siswa yang telah mendapatkan perlakuan dengan metode drill hasil latihan meningkat dengan hasil smash posttest mendapatkan nilai minimal 66, nilai maksimal 81, rata-rata 72.00, dengan standar deviasi 4.71.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Amat Komari, M.Si.
Uncontrolled Keywords: metode drill, hasil smash, permainan bulutangkis
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:47
Last Modified: 30 Aug 2023 01:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78501

Actions (login required)

View Item View Item