Pengaruh Penggunaan Media Visual terhadap Hasil Belajar Materi Penyakit Menular dan Tidak Menular Siswa Kelas V SD Negeri Sendangsari

Leananda, Risma (2023) Pengaruh Penggunaan Media Visual terhadap Hasil Belajar Materi Penyakit Menular dan Tidak Menular Siswa Kelas V SD Negeri Sendangsari. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_risma leananda_19604224033.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media visual terhadap hasil belajar materi penyakit menular dan tidak menular siswa kelas V di SD Negeri Sendangsari Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian One-Group Pretest-Posttest dengan metode survei dengan pendekatan tes. Subyek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri Sendangsari Kabupaten Bantul. yang berjumlah 35 responden. Teknik pengambilan data menggunakan survei dengan instrumen yang digunakan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis uji t, melalui uji prasyarat uji normalitas, dan uji homogenitas. Hasil uji t diperoleh bahwa t hitung = -5,729 dan nilai t (13)(0,05) adalah 1,697. Ternyata nilai t hitung lebih besar dari t tabel (t hitung > t tabel) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media visual terhadap hasil belajar materi penyakit menular dan tidak menular siswa kelas V di SD Negeri Sendangsari Kabupaten Bantul. Nilai rerata hasil belajar materi penyakit menular pada saat pretest sebesar 65,86, dan rerata pada saat posttest sebesar 77,14. Nilai rerata yang diperoleh dari saat pretest ke posttest meningkat sebesar 11,28 atau sebesar 17,13%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media visual efektif meningkatkan hasil belajar materi penyakit menular dan tidak menular siswa kelas V di SD Negeri Sendangsari Kabupaten Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Erwin Setyo Kriswanto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: pengaruh, media visual, hasil belajar, penyakit menular
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:42
Last Modified: 30 Aug 2023 01:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78499

Actions (login required)

View Item View Item