Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dan Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Menghadapi Pertandingan Atlet Pencak Silat di Padepokan Tirtha Siliwangi Kabupaten Lampung Timur

Marliana, Marliana (2023) Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dan Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Menghadapi Pertandingan Atlet Pencak Silat di Padepokan Tirtha Siliwangi Kabupaten Lampung Timur. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_marliana_19602241007.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara motivasi berprestasi dengan kecemasan menghadapi pertandingan atlet pencak silat di Padepokan Tirtha Siliwangi Kabupaten Lampung Timur. (2) Hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan menghadapi pertandingan atlet pencak silat di Padepokan Tirtha Siliwangi Kabupaten Lampung Timur. (3) Hubungan antara motivasi berprestasi dan kepercayaan diri dengan kecemasan menghadapi pertandingan atlet pencak silat di Padepokan Tirtha Siliwangi Kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah atlet pencak silat di Padepokan Tirtha Siliwangi Kabupaten Lampung Timur yang berjumlah 52 atlet. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kriteria (1) atlet usia diatas 12 tahun, (2) masih aktif mengikuti latihan, (3) bersedia menjadi sampel, (4) pernah mengikuti pertandingan. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah 38 atlet. Instrumen motivasi berprestasi, kepercayaan diri, dan kecemasan menghadapi pertandingan menggunakan angket. Analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi terhadap kecemasan menghadapi pertandingan atlet pencak silat di Padepokan Tirtha Siliwangi Kabupaten Lampung Timur, dengan p-value 0,000 < 0,05. (2) Ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri terhadap kecemasan menghadapi pertandingan atlet pencak silat di Padepokan Tirtha Siliwangi Kabupaten Lampung Timur, dengan p-value 0,008 < 0,05. (3) Ada hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dan kepercayaan diri terhadap kecemasan menghadapi pertandingan pada atlet pencak silat di Padepokan Tirtha Siliwangi Kabupaten Lampung Timur, dengan p-value 0,000 < 0,05. Kesimpulan yaitu motivasi berprestasi dan kepercayaan diri berpengaruh terhadap kecemasan menghadapi pertandingan pada atlet pencak silat.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Agung Nugroho, AM., M.Si.
Uncontrolled Keywords: motivasi, kepercayaan diri, kecemasan menghadapi pertandingan
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Jul 2023 09:02
Last Modified: 02 Aug 2023 04:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78375

Actions (login required)

View Item View Item