Pengembangan Media Pembelajaran PJOK Menggunakan Telegram Bot Materi Aktivitas Air dan Kesehatan Peserta Didik Kelas IX SMP N 1 Salam

Oktarina, Findia (2023) Pengembangan Media Pembelajaran PJOK Menggunakan Telegram Bot Materi Aktivitas Air dan Kesehatan Peserta Didik Kelas IX SMP N 1 Salam. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_findia oktarina_19601241036.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran PJOK yang berbentuk telegram bot pada materi aktivitas air dan kesehatan serta untuk mengetahui keberterimaan media pembelajaran digunakan sebagai media belajar mandiri ataupun di sekolah. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran yang berisi video, gambar, dan teks yang dapat membantu peserta didik memahami isi materi. Hasil penelitian adalah media pembelajaran berbentuk telegram bot dengan nama “Enjoy with PJOK” yang terdiri dari teks, video, dan gambar dengan username @enjoywpjok_bot. Hasil kelayakan media yaitu rata-rata persentase ahli media sebesar 78,7% dan ahli materi sebesar 93,8% dengan kategori sangat layak sehingga akumulasi rata-rata persentase kelayakan sebesar 86,2%. Pengembangan media pembelajaran mendapatkan respon yang sangat baik oleh peserta didik dan guru pendidikan jasmani. Hasil yang didapatkan dari rata-rata uji coba kelompok kecil dan besar adalah peserta didik sebesar 88,5% dan guru pendidikan jasmani dengan persentase sebesar 91,4% dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan bot telegram dapat diterima sebagai media belajar dan dikategorikan sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Agus Sumhendartin Suryobroto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, Telegram Bot, ADDIE
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Jul 2023 08:52
Last Modified: 31 Jul 2023 08:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78373

Actions (login required)

View Item View Item