Persepsi Orang Tua Terhadap Nilai Edukatif Peserta Pelatihan Klub Sepatu Roda Mataram Inline Skate Yogyakarta Dilihat Dari Perspektif Psikologis

Astiti, Sinta Prismaning (2023) Persepsi Orang Tua Terhadap Nilai Edukatif Peserta Pelatihan Klub Sepatu Roda Mataram Inline Skate Yogyakarta Dilihat Dari Perspektif Psikologis. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_sinta prismaning astiti_21633251009.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi orang tua terhadap nilai edukatif peserta pelatihan sepatu roda klub Mataram Inline Skate Yogyakarta dilihat dari perspektif psikologis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan partisipan yang terdiri dari 5 orang tua dari peserta pelatihan sepatu roda klub Mataram Inline Skate Yogyakarta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Human Insrumen yang dilengkapi dengan protokol wawancara dan alat perekam. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan langkah-langkah yang dikemukakan oleh Burhan Bungin yaitu pengumpulan data, transkrip data, reduksi data, display data, penegasan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi orang tua peserta pelatihan sepatu roda di klub Mataram Inline Skate Yogyakarta meliputi keinginan orang tua supaya anaknya berprestasi, dan memiliki penanaman nilai edukatif yang baik serta menjadi ruang bersosialisasi bagi anak. Orang tua berharap dengan memasukkan anaknya ke dalam klub sepatu roda dapat menciptakan ruang kedisiplinan, berani, bertanggung jawab, mandiri, dan percaya diri, serta memiliki kegiatan positif dan terhindar dari kegiatan negatif. Keinginan orang tua supaya anaknya berprestasi dan memiliki nilai edukatif ditinjau dari upaya memasukan anaknya ke dalam klub sepatu roda. Maka dari itu, orang tua mendukung anak mengikuti pelatihan di klub sepatu roda agar memiliki kegiatan positif yang mendukung proses tumbuh kembang anak, agar tidak terjerumus ke dalam kegiatan yang negatif. Namun, keinginan beberapa orang tua tidak semua berjalan dengan lancar, karena terdapat orang tua yang hanya mengedepankan ambisi dan keegoisan pribadi. Sehingga menyebabkan anak menjadi depresi, tertekan, terjadinya fenomena drop out dini, dan merasa tidak bahagia dalam menjalaninnya. Dengan demikian perlunya komunikasi antara orang tua, anak, pelatih serta ketua klub agar memiliki tujuan yang selaras kedepannya.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Muhammad Hamid Anwar, M.Phil.
Uncontrolled Keywords: persepsi orang tua, nilai edukatif, sepatu roda, klub
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:53
Last Modified: 31 Jul 2023 07:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78370

Actions (login required)

View Item View Item