Pengembangan Model Latihan Fisik Khusus Berangkai Untuk Meningkatkan Kecepatan, Power Tungkai, Reaktif Agility dan Daya Tahan Kinerja Sepak Bola Remaja

Arkanudin, Zaenul (2023) Pengembangan Model Latihan Fisik Khusus Berangkai Untuk Meningkatkan Kecepatan, Power Tungkai, Reaktif Agility dan Daya Tahan Kinerja Sepak Bola Remaja. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_zaenul arkanudin_21632251025.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengembangkan model latihan fisik Khusus berangkai untuk Meningkatkan Kecepatan, Power Tungkai, Reaktif Agility dan Dayatahan Kinerja Sepakbola Remaja. Secara rinci tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengembangkan model latihan fisik Khusus berangkai dalam meningkatkan kecepatan, reaktif agility, power dan dayatahan secara serempak. 2). Untuk menguji kelayakan model latihan dril untuk meningkatkan kecepatan, reaktif agility, power dan dayatahan secara serempak. 3). Untuk menguji efektifitas model latihan dril untuk meningkatkan kecepatan, reaktif agility, power dan dayatahan secara serempak. Metode dalam penelitian yang digunakan adalah research & devlopment (R&D), Brog & Gall. menggunaksn lima langkah dengan tidak mengurangi maknanya yaitu (1) penilaian awal dan pengumpulan informasi (2) Perencanaan pembuatan produk awal (3) Pengembangan produk Hipotitik (4) Uji keefektifan (5) Desiminasi. Subyek penelitian untuk penilaian adalah menggunakan 3 ahli akademik dan 4 pelatih dengan minimal Lisensi C AFC. Uji coba lapangan (uji kelayakan) menggunakan 4 atlet remaja sepakbola.Untuk uji efektivitas menggunakan 30 atlet sepakbola. Teknik pengumpulan data untuk penyusunan draft model latihan fisik Khusus berangkai menggunakan Teknik naratif review litratur. Teknik pengumpulan data untuk uji ahli menggunakan Teknik Delphi. Teknik pengumpulan data uji efektifitas produk menggunakan desain penelitiaan pre eksperimen dengan desain time seri, dengan MANOVA tes untuk menegtahui apakah epektif dalam meningkatkan fisik secara serempak. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa (1) produk model latihan ini dapat meningkatkan fisik secara serempak , (2) model latihan ini layak, nayman dan aman untuk digunakan dalam meningkatkan fisik sepakbola seacara serempak dan (3) model latihan ini epektif dalam meingkatkan kemampuan fisik secara serempak dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 pada atlet sepakbola remaja. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model latihan fisik khusus berangkai ini efektif dalam meningkatkan keceptan, Reaktif Agility, Power Tungkai dan Dayatahan kinerja atlet sepakbola remaja secara serempak.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Tomoliyus, M.S.
Uncontrolled Keywords: model drill, kecepatan, power tungkai, reaktif agility, daya tahan
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:21
Last Modified: 28 Aug 2023 03:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78355

Actions (login required)

View Item View Item