Pengembangnan Model Pembelajaran Praktikum Laboratorium Fisika Berbasis Teknologi Tradisional (Labfis Bettra) Pande Besi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains.

Maftukhin, Arif and Mundilarto, Mundilarto (2023) Pengembangnan Model Pembelajaran Praktikum Laboratorium Fisika Berbasis Teknologi Tradisional (Labfis Bettra) Pande Besi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-arif maftukhin-15703261013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran praktikum laboratorium fisika berbasis teknologi tradisional (Labfis Bettra) pande besi yang (1) layak, (2) praktis, dan (3) efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik Madrasah Aliyah. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi desain instruksional ADDIE meliputi analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Sampel penelitian berjumlah 113 peserta didik dari empat Madrasah Aliyah swasta di Kabupaten Banyumas, yaitu 13 partisipan pada ujicoba terbatas dan 100 partisipan pada ujicoba luas (implementasi). Instrumen pengumpulan data meliputi lembar validasi model, perangkat pembelajaran, lembar validasi instrumen penelitian, lembar observasi keterampilan proses sains, lembar observasi aktivitas pembelajaran, angket respon peserta didik, dan panduan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk uji validitas dan kepraktisan model, serta uji beda dan uji gain untuk uji efektivitas model. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Model Pembelajaran Praktikum Labfis Bettra yang dihasilkan memenuhi aspek kelayakan dengan skor validasi ahli pada rentang 3,30 hingga 4,00 dengan kategori sangat valid. (2) Model Labfis Bettra tersebut memenuhi aspek kepraktisan menurut guru fisika MA pada rentang skor 3,00 hingga 4,00 dengan kriteria praktis dan sangat praktis. (3) Model tersebut memenuhi aspek keefektifan berdasarkan hasil ujicoba terbatas dan ujicoba luas. Hasil uji terbatas menunjukkan perbedaan keterampilan proses sains antara peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model tersebut secara signifikan dengan uji gain 61,07% (kriteria sedang). Hasil uji luas menunjukkan adanya perbedaan keterampilan proses sains yang signifikan antara peserta didik yang menggunakan model tersebut dan peserta didik yang tidak menggunakannya. Hasil uji gain peserta didik yang menggunakan model tersebut sebesar 56,85% (sedang), lebih tinggi daripada peserta didik yang tidak menggunakan model tersebut, dengan nilai gain 13,05% (rendah).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: efektif, keterampilan proses sains, model Labfis Bettra, praktis, valid
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:47
Last Modified: 27 Jul 2023 03:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78349

Actions (login required)

View Item View Item