Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning terhadap Kemampuan Creative Thinking, Critical Thinking, Communication, dan CollaborationSiswa di SMK Ma’arif Kota Mungkid.

Idkhallussururi, Avid and Sofyan, Herminarto (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning terhadap Kemampuan Creative Thinking, Critical Thinking, Communication, dan CollaborationSiswa di SMK Ma’arif Kota Mungkid. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-avib idkhallussururi-21702251039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, keterampilan bekerjasama, dan keterampilan berkomunikasi (Keterampilan 4C) peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) sesuai tuntutan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Gambar Teknik Manufaktur di SMK Pusat Keunggulan Ma’arif Kota Mungkid pada capaian pembelajaran perancangan gambar rakitan sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang dilaksanakan pada kelas XII TM 1 sebagai kelas kontrol dan XII TM 2 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMK Ma’arif Kota Mungkid dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelasXII kompetensi keahlian Teknik Pemesinan. Penelitian ini melibatkan satu orang guru pengajar praktek untuk membantu peneliti dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran PjBL pada kelas eksperimen dan menggunakan model pembelajaran demonstrasi ceramah pada kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis menggunakan uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran PjBL dalam Kurikulum Merdeka mampu meningkatkan Keterampilan 4C sebagai berikut. (1) Peningkatan keterampilan berpikir kritis ditunjukkan dengan rata-rata skor pada kelas eksperimen sebesar 60,00, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 49,63. (2). Peningkatan keterampilan berpikir kreatif ditunjukkan dengan rata-rata skor pada kelas eksperimen sebesar 40,73, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 36,21. (3) Peningkatan keterampilan komunikasi ditunjukkan dengan rata-rata skor pada kelas eksperimen sebesar 35,77, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 30,50. (4) Peningkatan keterampilan bekerja sama ditunjukkan dengan rata-rata skor pada kelas eksperimen sebesar 38,77, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 34,29. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan keterampilan 4C siswa. Pada uji ANOVA didapat bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (P < 0,05) yaitu 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan perlakuan dengan menggunakan metode PjBL berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan 4C siswa SMK Ma’arif Kota Mungkid.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: gambar teknik manufaktur, Kurikulum Merdeka, project-based learning
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:30
Last Modified: 25 Jul 2023 07:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78331

Actions (login required)

View Item View Item