Pengaruh Metode Latihan Variasi Lompat Gawang Untuk Mengoptimalkan Kelincahan Atlet Panjat Tebing Pembinaan Atlet Berbakat (PAB) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)

Ramadhan, Deny (2023) Pengaruh Metode Latihan Variasi Lompat Gawang Untuk Mengoptimalkan Kelincahan Atlet Panjat Tebing Pembinaan Atlet Berbakat (PAB) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_deny ramadhan_17602244049.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya kemampuan fisik berupa kelincahan anak usia 10-18 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode latihan lari lompat gawang terhadap mengoptimalkan kelincahan pada atlet PAB Panjat Tebing DIY. Penelitian merupakan penelitian experiment dengan desain penelitian one group pretest and posttest design. Populasi penelitian ini adalah atlet PAB Panjat Tebing diy. Sampel penelitian ini adalah yang berstatus sebagai atlet berusia 10-18 tahun yang berjumlah 19 atlet terdiri dari 9 putra dan 10 putri. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah shuttle run. Teknik analisis data menggunakan uji-t before-after (sebelum-sesudah). Hasil uji-t memperoleh nilai thitung > ttabel nilai (18.200 >0,000) pada taraf signifikan 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode latihan lari lompat gawang untuk mengoptimalkan kelincahan anak usia 10-18 tahun pada atlet PAB Panjat Tebing DIY. Apabila dilihat dari angka mean difference sebesar 0.04563, hal ini menunjukan bahwa metode latihan lari lompat gawang memberikan pengaruh terhadap peningkatan kelincahan yakni lebih baik 0.04563 dibandingkan sebelum diberikan metode latihan dengan besarnya peningkatan 95%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Ria Lumintuarso, M.Si.
Uncontrolled Keywords: panjat tebing, metode variasi lompat gawang, kelincahan
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Aug 2023 02:59
Last Modified: 28 Aug 2023 02:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78327

Actions (login required)

View Item View Item