Pengaruh Latihan Kelincahan dan Kecepatan Terhadap Kemampuan Menggiring Bola Siswa Kelas Khusus Olahraga SMA Negeri 1 Tanjungsari Gunungkidul

Widyonugroho, Jauhar Nurdani (2023) Pengaruh Latihan Kelincahan dan Kecepatan Terhadap Kemampuan Menggiring Bola Siswa Kelas Khusus Olahraga SMA Negeri 1 Tanjungsari Gunungkidul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_jauhar nurdani widyonugroho_19602244028.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh latihan kelincahan dan kecepatan terhadap kemampuan menggiring bola pada siswa Kelas Khusus Olahraga SMA Negeri 1 Tanjungsari Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian eksperimen, dengan menggunakan “Two Group Pretest-Posttest Desain”. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Tanjungsari Gunungkidul yang berjumlah 35 siswa dengan teknik pengambilan sampling menggunakan metode purposive sampling. Populasi penelitian adalah Siswa Kelas Khusus Olahraga SMA Negeri 1 Tanjungsari Gunungkidul yang berjumlah 35 siswa dengan teknik pengambilan sampling menggunakan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Tanjungsari Gunungkidul yang berjumlah 20 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes menggiring bola dari Subagyo Irianto, dkk. (2010:3). Berdasarkan hasil penelitian bahwa ada pengaruh signifikan dari latihan kelincahan terhadap kemampuan menggiring bola pada siswa Kelas Khusus Olahraga SMA Negeri 1 Tanjungsari Gunungkidul, dengan t hitung 13,074 > t tabel 2,262, sig 0,013 < 0,05. Ada pengaruh yang signifikan dari latihan kecepatan terhadap peningkatan kemampuan menggiring bola pada Siswa Kelas Khusus Olahraga SMA Negeri 1 Tanjungsari Gunungkidul, dengan thitung 18,695 < ttabel 2,262, sig 0,001 < 0,05. Ada perbedaan yang signifikan dari latihan kelincahan dan latihan kecepatan terhadap peningkatan kemampuan menggiring bola siswa Kelas Khusus Olahraga SMA Negeri 1 Tanjungsari Gunungkidul.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Drs. Subagyo Irianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: latihan kelincahan, latihan kecepatan, menggiring bola
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 20 Jul 2023 05:31
Last Modified: 20 Jul 2023 05:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78288

Actions (login required)

View Item View Item