Implementasi Media Pembelajaran Berdasarkan Kerucut Pengalaman Edgar Dale Pada Guru PJOK Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Gabus Kabupaten Pati

Nafidah, Inayah Mursilatun (2023) Implementasi Media Pembelajaran Berdasarkan Kerucut Pengalaman Edgar Dale Pada Guru PJOK Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Gabus Kabupaten Pati. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_inayah mursilatun nafidah_19604221001.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi media pembelajaran berdasarkan kerucut pengalaman Edgar Dale pada guru PJOK di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Gabus Kabupaten Pati. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru PJOK Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Gabus Kabupaten Pati. Instrumen yang digunakan dengan metode survey melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan menggunakan 4 tahap yaitu data collection (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion: drawing/verifying (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Media Pembelajaran Berdasarkan Kerucut Pengalaman Edgar Dale Pada Guru PJOK Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Gabus Kabupaten Pati telah terimplementasi dengan baik. Penggunaan media pembelajaran PJOK di kelas maupun di lapangan pada Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Gabus Kabupaten Pati sudah mengacu pada kerucut pengalam Edgar Dale yaitu penggunaan media audio-visual atau visual dan media obyek asli/modifikasi yang nantinya dapat dipraktikkan langsung oleh siswa sehingga mendapatkan pengalaman yang nyata sesuai materi yang diberikan guru.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Erwin Setyo Kriswanto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: implementasi, media pembelajaran, Sekolah Dasar Negeri
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:24
Last Modified: 18 Jul 2023 07:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78268

Actions (login required)

View Item View Item