Pengaruh Latihan Plyometrics dan Wight Training terhadap Power Otot Tungkai Ditinjau dari Daya Tahan Otot Tungkai pada Pemain Bola Voli Usia 16-18 Tahun

Pujowigoro, Yogie (2023) Pengaruh Latihan Plyometrics dan Wight Training terhadap Power Otot Tungkai Ditinjau dari Daya Tahan Otot Tungkai pada Pemain Bola Voli Usia 16-18 Tahun. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_yogie pujowigoro_21611251023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh latihan plyometrics dan weight training terhadap power otot tungkai, (2) perbedaan pengaruh antara pemain bola voli yang memiliki daya tahan otot tungkai tinggi dan rendah terhadap power otot tungkai, dan (3) interaksi antara kedua latihan dan daya tahan otot tungkai dengan power otot tungkai. Penelitian ini merupakan eksperimen lapangan dengan pendekatan faktorial 2x2. Sampel dari penelitian ini adalah pemain bola voli berjumlah 45 orang berjenis kelamin laki-laki yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen tes untuk mengukur daya tahan otot tungkai menggunakan wall sit test dan power otot tungkai menggunakan vertical jump. Teknik analisis data menggunakan Anova dua jalur dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian yang telah ditemukan sebagai berikut: (1) ada perbedaan pengaruh latihan plyometrics dan weight training terhadap power otot tungkai pada pemain bola voli usia 16-18 tahun, (2) ada perbedaan pengaruh antara pemain bola voli yang memiliki daya tahan otot tungkai tinggi dan rendah terhadap power otot tungkai, dan (3) ada interaksi antara latihan plyometrics dan weight training dan daya tahan otot tungkai tinggi dan rendah dengan power otot tungkai pada pemain bola voli usia 16-18 tahun. Hal ini dapat dibuktikan semua nilai signifikansi ˂0.05.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Yustinus Sukarmin, M.S.
Uncontrolled Keywords: plyometrics, weight training, power otot tungkai, pemain bola voli, usia 16-18 tahun
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:29
Last Modified: 14 Jul 2023 07:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78236

Actions (login required)

View Item View Item