Pengembangan Aplikasi Mobile-Learning Untuk Meningkatkan Interaksi Pada Sistem Pendidikan Jarak Jauh.

Runtuwene, Steven and Surjono, Herman Dwi (2023) Pengembangan Aplikasi Mobile-Learning Untuk Meningkatkan Interaksi Pada Sistem Pendidikan Jarak Jauh. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-steven johny runtuwene-15703261029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan aplikasi m-learning yang layak untuk meningkatkan interaksi pada sistem pendidikan jarak jauh. (2) mengembangkan aplikasi m-learning yang praktis untuk meningkatkan interaksi dalam sistem pendidikan jarak jauh dan (3) mengembangkan aplikasi mobile learning yang efektif untuk meningkatkan interaksi pada sistem pendidikan jarak jauh Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan acuan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation), yang merupakan paradigma pengembangan produk dan bukan model semata, di mana komponen dasarnya tetap sama di berbagai aplikasi. Expert judgment digunakan untuk mengetahui tingkat kelayakan media m-learning yang dikembangkan dengan mengukur persentase penilaian terhadap skor maksimal yang dapat dicapai, dengan melibatkan tiga ahli di bidang media pembelajaran, tiga ahli di bidang materi pembelajaran, tiga ahli di bidang IT dan enam rekan sejawat untuk memberikan penilaian kelayakan model yang dikembangkan. Sementara itu, 120 peserta didik dilibatkan dalam ujicoba produk untuk melihat kelayakan dari berbagai aspek yang dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dan penilaian dilakukan dengan menggunakan skala Likert pada kesempatan pre-test dan post-test. Hasil evaluasi oleh ahli media pembelajaran, materi pembelajaran, ahli IT, dan peer reviewers berturut-turut menunjukkan persentasi pencapaian 73,9%; 78,5%; 75,5%; dan 78,3%, yang masuk ke dalam kategori layak. Hasil evaluasi inter-rater reliability dengan menggunakan ICC menunjukkan nilai 0,622; 0,537; 0,453; dan 0,576 berturut-turut untuk agreement antar ahli media pembelajaran, antar ahli materi pembelajaran, antara ahli IT, dan antar peer reviewers, yang masuk dalam kategori tingkat kesepakatan antar-rater fair to good. Hasil penilaian kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada saat pre-test tidak berbeda secara signifikan (t = -1,236, p = 0,219), dengan rerata skor 65,74 berbanding 67,34. Setelah dilakukan ujicoba, kelompok eksperimen mendapatkan rerata skor yang jauh lebih tinggi dibanding kelompok kontrol, yaitu 72,69 berbanding 62,91 dan berbeda secara signifikan (t hitung = 8,796, p = 0,000).

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: m-learning, interaksi, pembelajaran jarak jauh
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Jul 2023 05:06
Last Modified: 12 Jul 2023 05:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78211

Actions (login required)

View Item View Item