PENINGKATAN ANTUSIASME SISWA DALAM PENILAIAN DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZZIZ SEBAGAI ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI

Tantra, Bryanzano Ksawa (2022) PENINGKATAN ANTUSIASME SISWA DALAM PENILAIAN DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZZIZ SEBAGAI ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Bryanzano.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)

Abstract

tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Antusiasme siswa dalam penilaian dan hasil belajar menggunakan aplikasi quizziz sebagai alat evaluasi pada siswa kelas VC SD Negeri Piyungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain PTK menggunakan Kemmis dan McTaggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan skala dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VC SD Negeri Piyungan yang berjumlah 21 siswa. Adapun kriteria keberhasilan variabel rasa ingin tahu adalah minimal 75% siswa mendapat skor ≥75. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa persentase ketuntasan Antusiasme siswa mengalami peningkatan sebesar 30,5% yaitu dari siklus I sebesar 67,5% ke siklus II sebesar 98%. Persentase keterlaksanaan pembelajaran menggunakan aplikasi quizziz pada siklus I yaitu 75% dan pada siklus II yaitu 100%. Pembelajaran dengan menggunakan aplikasi quizziz sebagai alat evaluasi dapat meningkatkan antusiasme siswa, karena pada aplikasi quizziz membuat siswa semakin termotivasi untuk meningkatkan nilai dan hasil belajar. Kata kunci: antusiasme belajar, quizziz

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: antusiasme belajar, quizziz
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 10 Jul 2023 02:36
Last Modified: 10 Jul 2023 02:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78202

Actions (login required)

View Item View Item