Nilai-nilai Edukatif Tembang Dolanan Anak Dalam Perspektif Hermeneutik.

Sukisno, Sukisno and Sayuti, Suminto A (2023) Nilai-nilai Edukatif Tembang Dolanan Anak Dalam Perspektif Hermeneutik. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-sukisno-20703261014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk : (1) mengungkapkan makna simbolis syair- syair tembang dolanan anak, (2) mengungkapkan relevansi nilai-nilai edukatif tembang dolanan anak dalam kaitannya dengan pendidikan karakter di era globalisasi, (3) menganalisis potensi nilai-nilai edukatif tembang dolanan anak sebagai media Pendidikan nilai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan teori hermeneutik Hans George Gadamer. Sumber data penelitian ini adalah teks tembang dolanan anak. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan langsung teks-teks tembang dolanan anak. Kredibilitas data diperoleh melalui ketekunan pengamatan, metode, diskusi sejawat, dan kecukupan referensi. Sedangkan analisis datanya menggunakan langkah-langkah yang sesuai dengan hermeneutika fenomenologis yaitu : koherensi, kekomprehensifan, ketepatan, kontekstualitas, dan penetrasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai edukatif tembang dolanan anak meliputi nilai : (1) relegius, (2) kekompakan, (3) kerjasama, (4) toleransi, (5) menghargai perbedaan, (6) kekompakan, (7) rendah hati, (8) tanggung jawab, (9) etika, (10) estetika, (11) bijaksana, (12) ketegasan, dan (13) penyabar. Nilai-nilai edukatif tersebut masih relevan dengan budaya generasi global atau anak milenial sebagai media pendidikan karakter. Di samping itu tembang dolanan anak mengandung potensi yang digunakan untuk mengedukasi generasi milenial tentang nilai.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: hermeneutic, nilai-nilai edukatif, tembang dolanan anak.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Jun 2023 02:15
Last Modified: 22 Jun 2023 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78118

Actions (login required)

View Item View Item