Revitalisasi Nasionalisme Anak Pekerja Migran Indonesia di Community Learning Center Sarawak Malaysia.

Suarno, Dendi Tri and Suryono, Yoyon (2023) Revitalisasi Nasionalisme Anak Pekerja Migran Indonesia di Community Learning Center Sarawak Malaysia. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-dendi tri suarno-17703261035.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) pemaknaan nasionalisme dari anak-anak pekerja migran Indonesia di Community Learning Center (CLC) Sarawak, Malaysia; (2) proses revitalisasi nasionalisme anak-anak pekerja migran Indonesia di CLC Sarawak, Malaysia; (3) faktor-faktor yang mempengaruhi revitalisasi nasionalisme anak-anak pekerja migran Indonesia di CLC Sarawak, Malaysia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan grounded theory untuk mengungkap revitalisasi nasionalisme di CLC Sarawak. Penelitian dilakukan di CLC Melur Gemilang dengan subjek penelitian guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik yang mengacu pada konsep Strauss dan Corbin yakni pengodean terbuka, pengodean berporos, dan pengodean selektif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Pemaknaan nasonalisme sebagai rasa cinta, rasa bangga terhadap tanah air, kesetiaan kepada negara, dan menjunjung tinggi persatuan. (2) Revitalisasi nasionalisme dalam kegiatan pembelajaran dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai nasionalisme ke dalam mata pelajaran dengan komunikasi menggunakan bahasa Indonesia. Dalam konteks kegiatan di luar pembelajaran, guru melakukan pembiasaan seperti pengenalan budaya Indonesia, meliputi kesenian musik, kesenian tari, kesenian rupa, permainan tradisional, dan kuliner. Selain itu, kegiatan lain yang dilakukan yakni kegiatan upacara bendera, upacara peringatan dan perayaan hari nasional, serta kegiatan kepramukaan. (3) Faktor-faktor pendukung yang mempengaruhi yaitu kurikulum, program repartriasi, teknologi informasi, penggunaan bahasa nasional dan daerah, serta kemitraan CLC dengan pihak Konsulat dan perusahaan. Sedangkan faktor penghambat dalam revitalisasi nasionalisme yaitu keterbatasan pendidik, kondisi siswa, fasilitas, pola pikir orang tua, dan proses sosialisasi dalam lingkungan masyarakat. Dengan demikian, proses pendidikan di CLC Sarawak dapat merevitalisasi nasionalisme anak pekerja migran Indonesia.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Anak pekerja migran Indonesia, nasionalisme, revitalisasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Jun 2023 02:25
Last Modified: 21 Jun 2023 02:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78113

Actions (login required)

View Item View Item