PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS VII DI SMP NEGERI 3 PANDAK

Olyana, Lola Deva (2022) PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS VII DI SMP NEGERI 3 PANDAK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Lola Deva Olyana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode diskusi terhadap kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VII di SMP Negeri 3 Pandak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode true experimental design. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pandak. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Kesahihan instrumen penelitian diperoleh melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas menggunakan pendapat ahli (judgment expert). Uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov sebagai uji prasyarat. Sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian menunjukkan metode diskusi memiliki pengaruh terhadap kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VII di SMP Negeri 3 Pandak. Berdasarkan uji wilcoxon signed test dari kelas eksperimen nilai Z sebesar -4,906 dan nilai asymp sig. (2-tailed) 0.000, sedangkan kelas kontrol nilai Z sebesar -2,236 dan nilai asymp sig. (2-tailed) yaitu 0,025. Dengan demikian nilai asymp sig untuk kelas eksperimen lebih kecil dari tingkat alfa 5% (0,05) sehingga menolak Ho. Perhitungan lembar angket diperoleh rata- rata sebesar 79% dari kelas eksperimen dan 78% dari kelas kontrol. Hasil keduanya dikonsultasikan dengan tabel interpretasi angket masuk kedalam kategori positif. Hal ini menunjukkan bahwa bahwa rata-rata siswa kelas VII senang apabila dalam pembelajaran PPKn menggunakan metode diskusi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Metode Diksusi, Kemampuan Mengemukakan Pendapat
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 15 Jun 2023 07:15
Last Modified: 15 Jun 2023 07:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78068

Actions (login required)

View Item View Item