PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI FISIKA HUKUM BERNOULLI PADA GAYA ANGKAT SAYAP PESAWAT TERBANG BAGI PESERTA DIDIK KELAS XI IPA MAN 2 BANTUL

Wulandari, Laila Anjani (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI FISIKA HUKUM BERNOULLI PADA GAYA ANGKAT SAYAP PESAWAT TERBANG BAGI PESERTA DIDIK KELAS XI IPA MAN 2 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Laila Anjani Wulandari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran berupa video animasi pada mata pelajaran fisika tema hukum Bernoulli pada gaya angkat sayap pesawat kelas XI IPA MAN 2 Bantul (2) Mengetahui kelayakan media video animasi fisika hukum Bernoulli pada mata pelajaran fisika kelas XI IPA MAN 2 Bantul. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Research and Development dengan model pengembangan yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu: (1) define, (2) design, (3) develop, (4) dan dissemination. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA MAN 2 Bantul yang berjumlah 66 orang dan 1 pendidik mata pelajaran fisika. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan angket dengan instrumennya yaitu pedoman wawancara dan lembar angket. Teknis analisis data menggunakan deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media video animasi pada mata pelajaran fisika untuk kelas XI IPA MAN 2 Bantul telah memenuhi kelayakan. Hal tersebut didukung dari pengujian oleh ahli media diperoleh hasil akhir 85% (layak), pengujian oleh ahli materi memperoleh hasil akhir 85% (layak), dan penilaian praktikalitas oleh pendidik diperoleh hasil 92% (sangat praktis) dan penilaian praktikalitas oleh peserta didik diperoleh hasil 91% (sangat praktis). Hal ini membuktikan bahwa media video animasi fisika dapat dikatakan sangat baik dan layak untuk digunakan dalam proses belajar. Dan hasil tanggapan dari pengguna mendapatkan respon yang positif yaitu media video animasi fisika mudah dipahami dan sangat membantu peserta didik dalam memahami materi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: media pembelajaran, video animasi fisika, media animasi Bernoulli
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:27
Last Modified: 15 Jun 2023 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78061

Actions (login required)

View Item View Item