EVALUASI PROGRAM PELATIHAN DASAR KOPERASI BAGI ANGGOTA BARU KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2022

Rahmatulloh, Angga Pradika (2022) EVALUASI PROGRAM PELATIHAN DASAR KOPERASI BAGI ANGGOTA BARU KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2022. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Angga Pradika Rahmatulloh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)

Abstract

Penelitian evaluasi ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; dan 3) penilaian hasil pelatihan dasar koperasi bagi anggota baru koperasi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model evaluasi Countenance Stake yang meliputi 3 tahapan yaitu antecedents (masukan), transaction (proses), dan outcome (keluaran) yang digunakan untuk mengetahui masukan, proses, dan luaran kegiatan Pelatihan dasar koperasi di Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta pelatihan sebanyak 139 orang yang tergabung dalam 12 kelompok. Sedangkan subjek dalam penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan dan penilaian hasil. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuisioner, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan gabungan analisis kualitatif dan kuantitatif sebagaimana dalam kerangka kerja model evaluasi Continence Stake. Penelitian ini menghasilkan 3 (tiga) luaran pokok berupa Antecedent, Transaction, dan Outcome. Pada tahap atencedent, dari aspek description dapat disimpulkan secara umum bahwa perencanaan pelatihan telah sesuai dan mendapatkan rerata skor penilaian 3,5 / 4,0 predikat “sangat baik” pada aspek judgement. Pada tahap transaction, dari aspek description dapat disimpulkan secara umum bahwa pelaksanaan program pelatihan telah sesuai dengan tujuan instruksional dan mendapatkan rerata skor penilaian 3,6 / 4,0 predikat “sangat baik” pada aspek judgement. Sedangkan pada tahap outcome terjadi peningkatan skor tes sebanyak 23,7% dengan rata-rata aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap seluruh peserta mendapatkan nilai 90 yang melampaui standar KKM.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Evaluasi, Program Pelatihan, Countenance Stake, Koperasi Mahasiswa, Universitas Negeri Yogyakarta
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:54
Last Modified: 15 Jun 2023 02:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78059

Actions (login required)

View Item View Item