PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP N 3 JETIS BANTUL

Khairi, Shofan (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP N 3 JETIS BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Shofan Khairi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kualitas produk multimedia pembelajaran berbasis android dilihat dari aspek kelayakan, kepraktisan dan pengaruh terhadap minat dan belajar siswa kelas IX SMP Negeri 3 Jetis Bantul. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model yang dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel & Semmel yaitu model 4D (Four-D). Teknik pengambilan data ini melibatkan subjek ahli materi, ahli media, 1 guru mata pelajaran matematika, serta 54 siswa. Desain dalam menguji aplikasi ini menggunakan metode quasi eksperimen, dimana terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk diuji perbandingannya. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, tes, dan angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan skala likert dan Uji-T. Hasil validasi kelayakan, multimedia mendapatkan rata-rata skor akhir sebesar 4,9 oleh ahli media sedangkan hasil akhir penilaian yang diberikan oleh ahli materi sebesar 4,6. Kedua hasil validasi tersebut berada pada kategori “Sangat Layak”. Dilihat dari aspek kepraktisan, penilaian guru menunjukkan nilai rata-rata sebesar 4,14. Hasil dari uji lapangan terbatas menunjukkan nilai rata-rata sebesar 4,14. Hasil dari uji lapangan operasional menunjukkan nilai rata-rata sebesar 4,23. Ketiga uji lapangan tersebut memenuhi kriteria minimal multimedia “Layak” digunakan dalam pembelajaran. Pengaruh multimedia pembelajaran terhadap minat belajar menunjukkan skor minat awal siswa pada kelas eksperimen adalah 50,78 dan skor minat akhir adalah 57,96. Pada kelas kontrol rata-rata skor minat awal siswa adalah 43,63 dan skor minat akhir sebesar 48,59. Pengaruh multimedia terhadap hasil belajar berdasarkan pre-test sebesar 65.19 dan nilai rata-rata post-test sebesar 80.19. Sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata pre-test sebesar 69,07 dan nilai post-test sebesar 74,81. Hasil Uji-T menunjukkan bahwa signifikansi < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan pada minat dan hasil belajar antara siswa yang menggunakan multimedia dengan yang menggunakan media konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran, minat dan hasil belajar, matematika
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 13 Jun 2023 01:52
Last Modified: 13 Jun 2023 01:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78040

Actions (login required)

View Item View Item