Yopa, Mega Fitria Lathifa (2022) EVALUASI PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA SISWA KELAS V SD N BOGEM 1 DI MASA PANDEMI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
MEGA FITRIA LATHIFA YOPA.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas dan bagaimana guru dalam melaksanakan pembelajaran daring matematika siswa kelas V SD N Bogem 1 di masa pandemi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek guru kelas V dan siswa kelas V di SD N Bogem 1. Sedangkan Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran daring matematika di kelas V SD N Bogem 1. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kesenjangan (Discrepancy). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian, secara keseluruhan kualitas pembelajaran daring matematika siswa kelas V SD N Bogem 1 dapat dikatakan cukup, hal ini terlihat dari proses pembelajaran daring yang belum memenuhi indikator keefektifan pembelajaran daring, diantaranya respon aktif peserta didik saat pembelajaran rendah, dan proses penyampaian materi pembelajaran matematika yang tidak sesuai dengan tahap proses belajar konsep matematika yang optimal. Proses pelaksanaan pembelajaran daring matematika dilakukan melalui whatsapp grup. Pembelajaran dilakukan dengan cara guru mengirimkan video pembelajaran dari youtube yang berisi materi penyajian data ke dalam grup whatsapp. Kendala yang dialami guru ketika pembelajaran daring yaitu tidak bisa menggunakan aplikasi Zoom dikarenakan banyak siswa yang tidak memiliki handphone, dan hanya menggunakan milik orang tuanya. Sedangkan kendala yang dialami siswa adalah jaringan sinyal kurang stabil, penjelasan dari guru hanya melalui video sehingga kurang jelas, dan penjelasan materi terlalu cepat serta singkat sehingga sulit untuk dipahami. Hasil belajar siswa cukup baik, hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang mendapatkan nilai tinggi ketika ujian. Guru sebaiknya menciptakan pembelajaran yang menarik dan variatif agar tingkat keaktifan siswa ketika pembelajaran tinggi serta siswa tidak merasakan bosan saat pembelajaran daring berlangsung.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi pembelajaran, pembelajaran daring matematika, siswa kelas V |
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 01:37 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 01:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78039 |
Actions (login required)
View Item |